Sukses

Viral Potret Jadul Mahasiswa Yogyakarta Tahun 1948, Curi Perhatian Warganet

Belum lama ini deretan potret mahasiswa Yogyakarta zaman dulu sedang menjadi perbincangan warganet di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pelajar. Tidak heran jika ada begitu banyak fasilitas sekolah dan universitas yang sudah terakreditasi secara baik di dunia pendidikan Tanah Air. Tak heran banyak orang dari daerah lain yang merantau ke Yogya untuk menimba ilmu.

Rupanya julukan ini sudah tertanam sejak dulu. Belum lama ini deretan potret mahasiswa Yogyakarta zaman dulu sedang menjadi perbincangan warganet di media sosial.

Semua berawal dari unggahan akun Twitter @SejarahRI beberapa hari lalu. Tepatnya pada Minggu (16/2/2020), akun tersebut mengunggah beberapa potret mahasiswa/i di Yogyakarta, pada tahun 1948.

Pada beberapa foto yang diunggah, terlihat para mahasiswa mengenakan kemeja dipadukan dengan celana pendek. Penampilan mereka juga dilengkapi dengan sepatu kulit. Tak lupa, mereka membawa sebuah buku untuk melengkapi proses belajarnya.

Sementara untuk para mahasiswinya, sebagian besar mengenakan dres dan kemeja yang dipadukan dengan rok di bawah lutut. Rambut mereka diikat dengan berbagai model sehingga membuat penampilan lebih rapi dan khas. Warna foto yang hitam putih menambah kesan jadul pada foto-foto tersebut.

"Gaya mahasiswa dan mahasiswi di Yogyakarta pada tahun 1948. Kota pelajar sejak dulu," tulis akun tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Curi Perhatian Warganet

3 dari 3 halaman

Viral

Tak berselang lama, unggahan tersebut mencuri perhatian warganet. Banyak warganet yang memberikan komentarnya. Tak sedikit yang mengatakan bahwa penampilan mereka sangat menarik.

"Waw modis banget mbak2nyah," kata akun @maruniehasdied.

"Bergaya pada jamannya," timpal @Meirashiemei.

"Style nya keren2 bngt ya," komentar pemilik akun @andriandjaya_.

Sementara akun @CSiongyu menulis, "Pakaian2 nya itu tidak ribet. Cowok pakai celana pendek bole."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.