Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Makan 4 Kue Bulan Tiap Hari, Darah Pria Ini Berubah Jadi Putih

Liputan6.com, Jakarta - Darah seorang laki-laki dari Tiongkok berubah menjadi putih susu setelah kadar trigliserida-nya naik. Semua itu hanya karena ia makan setidaknya empat buah kue bulan setiap hari karena sayang kue-kue itu mubazir.

Pria yang diidentifikasi sebagai Wang dari Hangzhou, Tiongkok itu awalnya pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan. Namun, staf rumah sakit terkejut melihat darah yang diambil dari sampel kental dan berwarna keputihan.

 

2 dari 5 halaman

Trigliserida-nya tinggi

Melansir dari Asia One, setelah dilakukan beberapa pengujian, terungkap tingkat trigliserida pria itu dalam darahnya 10 kali lebih tinggi dari yang seharusnya.

Menurut Mayo Clinic, trigliserida adalah jenis lemak (lipid) yang ditemukan dalam tubuh. Kalori yang tidak digunakan segera dikonversi menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel-sel lemak.

 

3 dari 5 halaman

Bisa berakibat fatal

Ini kemudian dilepaskan oleh hormon untuk memberikan energi tubuh di antara waktu makan. Namun, kadar trigliserida yang tinggi dapat menyebabkan komplikasi serius seperti penebalan dinding arteri, peningkatan risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit terkait jantung lainnya.

Bagi Wang, peningkatan kadar trigliserida itubisa berakibat fatal jika tidak diobati. Terlebih karena ia merupakan pasien uremik yang secara rutin harus menjalani dialisis karena gagal ginjal.

 

4 dari 5 halaman

Tak baik dikonsumsi dalam jumlah banyak

Untungnya, ia dapat pulih dari apa yang terjadi setelah mendapatkan perawatan. Lucunya, reaksi Wang saat pertama kali mendengar berita tersebut adalah pertanyaan "Apakah ini berarti saya tak akan bisa menikmati kue bulan lagi?"

Menurut dokter yang bersangkutan, kue bulan mengandung gula dan lemak dalam besar. Karena itu, tidak baik mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading