Sukses

Waspada, Kurang Tidur Buat Lemak Bertambah dan Massa Otot Berkurang

Liputan6.com, Jakarta - Kurang tidur menjadi isu serius bagi manusia modern yang sibuk. Padahal, kurang tidur memberikan banyak dampak negatif bagi tubuh Anda.

Ketika Anda tidak cukup tidur, risiko Anda mengalami masalah kesehatan serius meningkat secara signifikan. Termasuk penyakit seperti kanker usus besar dan payudara, diabetes, tekanan darah tinggi, dan gangguan kekebalan tubuh.

Menurut CDC, sebanyak 33 persen orang Amerika tidur kurang dari tujuh tam. Padahal sesuai rekomendasi, orang dewasa hendaknya mendapat tidur berkualitas sebanyak 7-9 jam.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelitian di Swedia

Penelitian terbaru yang dilakukan di Universitas Uppsala, Swedia juga menemukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan dan kehilangan massa otot. Untuk penelitian ini, para peneliti meminta 15 partisipan mendapat jumlah tidur normal, setidaknya lebih dari delapan jam.

Kemudian, untuk bagian kedua dari penelitian, partisipan yang sama diminta tetap terjaga sepanjang malam untuk mengukur bagaimana efek kurang tidur memengaruhi tubuh. Setelah begadang, para peneliti selanjutnya melakukan tes darah dan biopsi lemak subkutan dan jaringan otot rangka pada masing-masing peserta.

 

 

3 dari 5 halaman

Meningkatkan hormon stres

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa setelah hanya satu malam kurang tidur, tubuh Anda meningkatkan adipositas yang menyebabkan jaringan adiposa menyimpan lemak, serta kadar kortisol meningkat. Ini merupakan hormon stres tubuh yang juga mendorong kerusakan jaringan otot.

"Dengan demikian, pengamatan ini adalah yang pertama untuk memberikan penjelasan pada tingkat jaringan untuk dua fenotip klinis yang tampak kontras. Kurang tidur terbukti memengaruhi peningkatan massa lemak terjadi bersamaan dengan hilangnya massa otot," tulis para peneliti dalam penelitian tersebut seperti dilansir dari Maxim.

 

 

4 dari 5 halaman

Percuma nge-gym

Dengan kata lain, ketika Anda kurang tidur dan tubuh merasa lelah, tubuh cenderung menyimpan lemak dan membakar otot. Kesimpulannya, bila Anda kurang istirahat, percuma Anda mati-matian berlatih di pusat kebugaran. Anda tak akan mendapatkan hasil yang Anda harapkan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Efek Kurang Tidur terhadap Kecantikan, Salah Satunya Bisa Bikin Berjerawat
Artikel Selanjutnya
Risiko Kurang Tidur pada Kinerja Otak