Sukses

Studi: Mandi dalam Waktu Lama Tanda Kamu Sedang Kesepian

Sebuah studi menemukan orang yang kesepian cenderung mandi dalam waktu lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta - Mandi menjadi kegiatan rutin yang dilakukan semua orang setiap harinya. Namun, tak banyak yang tahu bahwa kebiasaan mandi mampu menunjukkan apa yang sedang Anda rasakan.

Sebuah studi menunjukkan seseorang yang mandi dalam waktu lama cenderung lebih kesepian dibandingkan mereka yang mandi dengan cepat. Untuk membuktikan hal ini, para peneliti dari Universitas Yale telah menguji 51 orang dari umur 18-40 tahun.

Mereka diminta untuk mengisi survei tentang kebiasaan mandi yang kerap mereka lakukan setiap hari. Survei tersebut berisi tiga pertanyaan tentang rutinitas mandi mereka mulai dari frekuensi, durasi hingga temperatur air yang digunakan.

Hasilnya menunjukkan, 23% partisipan yang merasa kesepian mandi dalam durasi yang lebih lama. Tak cukup puas dengan hasilnya, para peneliti lantas mengulang kembali survei ini dengan partisipan berumur lebih tua yaitu 19-65 tahun. Tak disangka, hasilnya pun tak berbeda jauh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesepian

Meskipun tak diteliti secara lanjut, peneliti menemukan bahwa partisipan yang kesepian lebih memilih mandi dengan air yang lebih hangat dalam rutinitas mandi mereka.

Jadi bila kalian lebih senang dengan mandi dengan air hangat dalam waktu yang lama kemungkinan kalian sedang merasa kesepian.

Meski begitu, pada dasarnya gejala lain dari kesepian bukan hanya mandi dengan air hangat. Bila kalian sering mengalami perasaan tak berguna dan gelisah, bisa jadi hal tersebut menunjukkan kalian membutuhkan kehangatan sosial dalam lingkungan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.