Sukses

6 Novel Terlaris Sepanjang Masa, Sudah Baca?

Liputan6.com, Jakarta Buku adalah jendela dunia. Kunci untuk membukanya adalah dengan membaca. Membaca merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengenal dunia dengan lebih luas. Semakin banyak kita membaca buku, semakin banyak pengetahuan yang akan kita dapatkan.

Kegiatan membaca ini sering kali dijadikan sebagai hobi ringan yang dipilih banyak orang untuk melepaskan penat. Biasanya buku bacaan yang menjadi pilihan adalah novel, baik fiksi maupun nonfiksi.

Novel banyak dipilih karna dapat membantu seseorang untuk berimajinasi dengan lebih 'liar'. Semakin bagus jalan cerita yang disampaikan, semakin banyak orang yang penasaran bahkan menjadi penggemar dari buku tersebut.

Seperti beberapa buku terlaris sepanjang masa ini. Rasanya, tidak ada alasan untuk menolak membaca buku yang membuat banyak orang terhipnotis ini.

Dilansir dari bestlife, berikut adalah beberapa novel terlaris sepanjang masa.

2 dari 7 halaman

1. Don Quixote oleh Miguel de Cervantes

Tahun rilis: 1612

Salinan terjual: 500 juta

Novel paling produktif dan populer sepanjang masa, Don Quixote, adalah bukti betapa cerita yang hebat tidak memiliki tanggal kedaluwarsa.

Buku ini menceritakan tentang petualangan seorang bangsawan (hidalgo), bernama Alonso Quixano, yang kehilangan kewarasannya dan memutuskan untuk menjadi seorang kesatria (caballero andante).

Ia menghidupkan kembali era kesatriaan dan melayani negaranya, dengan nama Don Quixote de la Mancha.

3 dari 7 halaman

2. The Lord of the Rings oleh J. R. R. Tolkien

Tahun rilis: 1954

Salinan terjual: 150 juta

Novel dan seri fantasi terlaris, The Lord of the Rings, sudah memulai popularitasnya sejak pertama kali dirilis. Buku tersebut akhirnya menghasilkan banyak sekuel film, teater, musik, karya seni, video game, dan bahkan board game.

4 dari 7 halaman

3. The Little Prince oleh Antoine de Saint-Exupéry

Tahun rilis: 1943

Salinan terjual: 140 juta

The Little Prince, sebuah buku yang mengisahkan tentang sebuah "bahaya" dari bertumbuh dewasa, yang ditulis oleh bangsawan Prancis, Antoine de Saint-Exupéry. Buku ini telah diterjemahkan ke lebih dari 300 bahasa dan dialek.

5 dari 7 halaman

4. Harry Potter and the Philosopher’s Stone oleh J.K. Rowling

Tahun rilis: 1997

Salinan terjual: 120 juta

J.K. Rowling tidak diragukan lagi merupakan salah satu penulis paling produktif di zaman ini.

Menganyam sebuah kisah keberanian dan sihir dan dikemas menjadi sebuah cerita mengenai sebuah sekolah sihir. Film-film yang dihasilkan dari seri ini telah meraup keuntungan kotor dengan total lebih dari $7,7 miliar.

Pada seri pertama ini, Harry Potter and the Philosopher’s Stone, atau yang dikenal dengan Harry Potter and the Sorcerer’s Stone. Menceritakan tentang Harry, seorang anak yang menyadari bahwa hidupnya jauh dari kehidupan normal.

6 dari 7 halaman

5. And Then There Were None oleh Agatha Christie

Tahun rilis: 1939

Salinan terjual: 100 juta

Agatha Christie memperbarui genre misteri dengan 66 novel dan 14 koleksi cerita pendek miliknya, termasuk And Then There Were None. Sebagian besar dari karya-karyanya pun diadaptasi ke layar lebar.

Bahkan, ada lebih dari tiga puluh film feature telah dibuat berdasarkan karyanya.

 

7 dari 7 halaman

6. The Hobbit oleh J. R. R. Tolkien

Tahun dirilis: 1937

Salinan terjual: 100 juta

Novel yang relatif singkat ini menciptakan sebuah panggung bagi karya Tolkien selanjutnya, The Lord of the Rings.

Pada The Hobbit, atau There and Back Again, pembaca dikenalkan dengan tokoh protagonis di dalam novel itu, Bilbo Baggins. Di dalam cerita tersebut, pembaca turut menemaninya dalam perburuan harta karun yang ternyata adalah sebuah kesalahan.

Dari semua buku tersebut, buku mana saja yangsudah kamu baca?

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ditinggal Kakek Mengantar Paket, Balita Kunci Diri di Mobil
Loading