Sukses

Ini Fungsi Printer dan Jenisnya, Para Pekerja Kantoran Perlu Tahu

Liputan6.com, Jakarta Secara umum fungsi printer adalah untuk mencetak dokumen dari komputer. Fungsi printer sekarang ini sudah menjadi sangat signifikan dalam kehidupan kita. 

Dalam perkembangan teknologi di zaman sekarang ini, tentu kita tak lepas dari kegiatan mencetak berkas untuk keperluan tertentu seperti dokumen kantor, dokumen di sekolah, dan lain sebagainya.

Printer pastinya biasanya akan kita temui dimana ada komputer, karena printer adalah salah satu perangkat yang harus disambungkan dengan komputer, walaupun sekarang juga telah dapat dipakai secara wireless.

Setidaknya perkembangan printer tidak lepas juga dengan perkembangan pesatnya komputer. Oleh karena itu inilah fungsi printer dan jenisnya yang wajib kita ketahui seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (24/3/2019).

2 dari 5 halaman

Pengertian dan Perkembangan Printer

Printer berasal dari kata print yang dalam Bahasa Indonesia berarti Cetak. Dari namanya tersebut kita pasti juga mengerti fungsi printer adalah untuk mencetak.

Dalam dunia komputer, printer termasuk perangkat keras yang menyajikan representasi tulisan atau grafis pada sebuah kertas atau media semacamnya.

Printer elektronik pertama dirilis pada tahun 1968 oleh sebuah perusahaan asal Jepang bernama Epson. Mereka memberi printer elektronik pertama tersebut dengan nama EP-101.

Printer komersial awalnya menggunakan mekanisme dari mesin ketik elektrik, namun banyaknya permintaan untuk kecepatan yang lebih tinggi akhirnya membawa printer menuju perubahan yang lebih baik, pengembangan printer dengan sistem baru digunakan secara spesifik hanya untuk komputer.

Lalu, pada tahun 1984 mulai muncul printer laser, diawali dengan kemunculan HP Laserjet. Memiliki hasil pencetakan dengan kualitas yang lebih baik.

Sekitar tahun 2010, percetakan 3D mulai menjadi bahan pembahasan. Printer yang digunakan untuk mencetak 3D masih dalam tahap pengembangan dan belum menjadi hal yang umum.

Kini dengan semakin banyaknya usaha percetakan membuat printer bukan lagi sebuah perangkat yang wajib dimiliki oleh perorangan.

3 dari 5 halaman

Jenis-jenis Printer

Ada beberapa jenis printer komputer. Masing-masing fungsi printer tersebut tentunya juga berbeda-beda. Kita tentunya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang kita perlukan nantinya.

1. Printer Inkjet

Printer Inkjet ini merupakat perangkat printer yang menggunakan tinta cair dengan berbagai warna. Printer ini biasa digunakan untuk mencetak dokumen berupa teks serta gambar yang warnanya beragam. 

2. Printer Laserjet

Printer ini hanya dapat mencetak dokumen dengan satu warna saja karena merupakan printer yang mempergunakan tinta serbuk. Printer ini hampir sama dengan mesin fotocopy dan pengoperasiannya pun lebih mudah dan cepat.

3. Printer Domatrik

Printer Domatrik ini merupakan printer yang sering kita lihat di supermarket maupun minimarket untuk mencetak struk hasil pembelian. Printer ini merupakan printer dengan tinta cetak kertas karbon. Banyak orang memanfaatkan printer ini untuk efisiensi waktu dan biaya.

4 dari 5 halaman

Fungsi Printer

Seperti yang kita tahu, fungsi printer yang paling utama adalah mencetak. Fungsi printer termasuk mencetak dokumen, mencetak foto, mencetak banner dan spanduk, mencetak stiker dan sablon, dan salah satu fungsi yang bukan mencetaknya adalah sebagai scanner.

1. Mencetak dokumen

Ini adlaah fungsi printer yang paling utama dan paling banyak digunakan dan ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Fungsi pertama dari sebuah printer, terutama dari teknik mencetak adalah mencetak dokumen. Dokumen-dokumen yang biasa dicetak dengan menggunakan printer biasanya merupakan dokumen berupa surat, artikel, dan berbagai macam jenis dokumen lainnya.

Biasanya, dokumen yang sudah dibuat di dalam komputer, dengan menggunakan microsof office, seperti Mocrosoft Word maupun microsof excel, akan dicetak dengan menggunakan printer.

2. Mencetak foto

Fungsi printer yang kedua yaitu untuk mencetak foto.Saat ini, printer biasa atau yang kita kenal dengan nama desktop printer sudah sangat mumpuni untuk mencetak sebuah foto.

Printer yang digunakan untuk mencetak foto ini biasanya merupakan jenis printer berwarna, dengan resolusi tinggi.

Oleh karena itu, setiap foto yang kita simpan di dalam komputer kita, bisa kita cetak dan juga kita print dengan menggunakan printer ini, tentu saja dengan kualitas foto yang sangat baik.

Meski demikian, terkadang dalam mencetak foto menggunakan printer masih terbatas pada ukuran dari foto itu sendiri.

5 dari 5 halaman

Printer juga berfungsi sebagai Scanner

3. Mencetak banner dan spanduk

Untuk memenuhi kebutuhan pencetakan dalam media dan juga bentuk kertas yang lebih besar, maka dikembangkanlah mesin printer yang berukuran besar, atau yang biasa kita sebut dengan nama plotter.

Mesin plotter ini merupakan mesin cetak alias printer yang berukuran sangat besar, serta memiliki kemampuan mencetak dengan resolusi yang sangat tinggi. Dengan menggunakan mesin ini, berbagai macam bentuk objek digital di dalam computer akan dapat mudah untuk dicetak.

Biasanya mesin plotter ini banyak digunakan pada percetakan, yang menjual jasa percetakan spanduk dan juga banner, maupun poster.

4. Mencetak stiker dan sablon

Selain untuk kegunaan percetakan dalam media kertas dan juga media akrilik untuk banner, printer komputer juga sering dimanfaakan untuk mencetak pada media lain. Salah satunya adalah media kaca, kain dan sebagainya.

Ya, saat ini sablon sudah sangat berkembang, hingga hanya dengan menggunakan printer saja, maka anda sudah bisa mendapatkan kaos dengan motif yang anda inginkan.

5. Sebagai Scanner

Sekarang ini, banyak printer yang sudah memiliki fungsi tambahan, yaitu dapat merangkap sebagai sebuah scanner. Biasanya, printer seperti ini banyak ditempatkan pada kantor-kantor, yang memiliki kebutuhan pemindaian dokumen yang tinggi.

Jadi, selain mampu untuk mencetak sebuah dokumen ke dalam bentuk fisik, printer juga dapat membantu mengubah dokumen fisik menjadi bentuk dokumen digital atau biasa disebut sebagai soft file.