Sukses

Wisata Probolinggo, Lengkap dari Gunung hingga Pantai

Wisata Probolinggo ini memiliki hamparan pantai pasir putih yang luas.

Liputan6.com, Jakarta Probolinggo adalah salah satu kota di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Timur. Kota ini memiliki sejuta tempat pariwisata yang menarik dan terkenal. Beberapa wisata Probolinggo bahkan menjadi destinasi yang wajib kamu kunjungi saat berada di sana.

Banyak tempat wisata yang tersedia di sini, mulai dari wisata alam, wisata situs budaya, situs bersejarah, spot foto kekinian, pulau, air terjun, bahkan Probolinggo juga memiliki wisata pantai.

Letak Probolinggo yang strategis yaitu sekitar 100 kilo meter sebelah tenggara Surabaya, dan berbatasan langsung dengan Selat Madura di sebelah utara, menjadikan wisata Probolinggo menjadi destinasi wisata yang mudah dan ramai dikunjungi.

Probolinggo adalah kota terbesar ke empat di Jawa Timur setelah Surabaya, Malang, dan Kediri menurut jumlah penduduknya. Probolinggo juga menjadi wilayah Tapal Kuda atau nama sebuah daerah di provinsi jawa Timur, tepatnya di bagian timur provinsi tersebut. Dinamakan Tapal Kuda, karena bentuk kawasan tersebut dalam peta mirip dengan bentuk tapal kuda.

Seperti yang disebutkan tadi, wisata Probolinggo sangat banyak dan beragam. Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum dari beberapa sumber, Jumat (22/03/2019) mengenai wisata Probolinggo yang wajib kamu kunjungi saat berada di sana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Alam Probolinggo

1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Wisata Probolinggo yang pertama adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di sini kamu bisa berkunjung ke Gunung Bromo dan menikmati keindahan alam di sana. Ketinggian Gunung Bromo mencapai 2.392 Mdpl.

Gunung ini sudah sangat populer dikalangan pendaki. Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga terdapat hamparan padang pasir seluas kurang lebih 10 kilometer persegi yang bisa anda jelajahi.

2. Bukit Teletubbies Bromo

Selain padang pasir, di Probolinggo juga terdapat padang savana dan bukit teletubis yang juga berada di Gunung Bromo, tepatnya di selatan Gunung Bromo. Hamparan padang rumput ini tumbuh di bukit-bukit hingga menyerupai rumah teletubis.

3. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro adalah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi dan menawarkan keindahan alam yang mempesona. memiliki ketinggian kurang lebih 3.088 Mdpl dan termasuk dalam komplek pegunungan Hyang yang ada di Probolinggo. Gunung Argopuro memiliki puncak tertinggi yaitu puncak Rengganis. Uniknya di sini terdapat situs bersejarah peninggalan sebuah kerajaan di masa lalu.

3 dari 5 halaman

Wisata Laut dan Pantai Probolinggo

1. Gili Ketapang

Wisata Probolinggo selanjutnya datang dari area pesisir. Probolinggo memilki sebuah pulau yang bernama Pulau Gili Ketapang. Pulau ini berlokasi di daerah Ketapang, Sumberasih, Probolinggo.

Untuk menuju ke sana, kamu memang harus menaiki kapal terlebih dahulu kemudian menyeberang laut. Pulau ini berada di pertengahan Selat Madura. Yang ditawarkan di Gili Ketapang adalah pemandangan pantai dengan pasir putih dan pemandangan alam bawah laut yang sangat indah.

2. Pantai Bentar

Pantai Bentar juga merupakan salah satu pantai yang terkenal di Probolinggo. Berlokasi di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Probolinggo, pantai ini memiliki keunggulan berupa pasir pantai yang lembut dan dermaga kayu yang menjorok sejauh 50 meter ke laut lepas.

Keindahan lainnya adalah kamu bisa menikmati sajian wisata unik berupa kawanan hiu tutul yang tengah bermigrasi dari Laut Australia jika beruntung.

3. Wisata Mangrove Bee Jay Bakau Resort (BJBR)

Wisata Probolinggo selanjutnya adalah wisata hutan mangrove BJBR, yang terletak di pesisir Pantai Pelabuhan Mayangan, tepatnya berada di sebelah utara Alun-alun Probolinggo. Hutan mangrove ini menyajikan pemandangan yang eksotis dan juga udara yang masih bersih.

4 dari 5 halaman

Wisata Air Terjun dan Sungai di Probolinggo

1. Wisata Air Terjun Madakaripura

Wisata Probolinggo dengan pemandangan air terjun yang pertama adalah Air Terjun Madakaripura. Tempat ini juga merupakan tempat wisata terbaik di Purbolinggo yang selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan. Memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa.

Meskipun sering dikunjungi oleh wisatawan, kondisi air dan alam disekitar air terjun tetap alami dan bersih. Kondisi udara yang ada di wisata Air Terjun Madakaripura juga termasuk masih segar, sehingga kamu bisa puas bermain air dan bersantai di sini.

2. Arung Jeram Sungai Pekalen

Wisata Probolinggo juga menyajikan wisata olahraga ekstrim yaitu, Arung Jeram Sungai Pekalen. Sungai Pekalen merupakan sungai berarus deras yang membentang di tiga kecamatan yang ada di Probolinggo, yaitu Kecamatan Tritis, Kecamatan Maron, dan Kecamatan Gading. Sungai ini berjarak kurang lebih 25 kilometer dari pusat Kota Probolinggo, sehingga cukup mudah untuk didatangi.

5 dari 5 halaman

Wisata Sejarah dan Budaya

1. Museum Probolinggo

Museum ini terletak di Jalan Suroyo Nomor 7, Kabupaten Probolinggo. Sebagai salah satu ikon wisata Probolinggo, museum ini banyak menyimpan barang-barang bersejarah dari peninggalan-peninggalan masa lalu dan peninggalan Belanda. Selain itu, di sini juga dapat menjadi tempat rekreasi keluarga yang mengedukasi untuk anak-anak.

2. Candi Jabung dan Candi Kedaton

Candi Jabung merupakan wisata Probolinggo yang bersejarah. Candi ini merupakan peninggalan Hindu pada zaman Majapahit. Lokasi dari Candi Jabung berada di Jabung, Paiton, Probolinggo. Candi Jabung dibangun dengan bata merah dan hingga sekarang masih kokoh berdiri selama ratusan tahun.

Kemudian ada juga Candi Kedaton yang berlokasi di Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, Probolinggo, berjarak 60 kilometer dari pusat kota ke arah Selatan. Sama dengan Candi Jabung, Candi Kedaton juga merupakan candi peninggalan Hindu.

Itulah beberapa wisata Probolinggo dari wisata alam, hingga wisata sejarah. Jika kamu ke sana tidak ada salahnya untuk mampir di salah satu tempat wisata tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini