Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

5 Destinasi Wisata Keren di Indonesia yang Patut Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Indonesia punya begitu banyak destinasi wisata keren. Beribu-ribu pulau terhampar bagaikan untaian “ratna mutu manikam”, untaian permata di sepanjang garis khatulistiwa. Selalu menggoda untuk dieksplorasi. Pemandangan laut, gunung berapi yang masih aktif, serta keberagaman budaya Indonesia, menjadi alasan banyak wisatawan asing dan domestik untuk berlibur di negeri ini.

Lima destinasi wisata keren berkelas dunia di Indonesia ini dapat Anda pertimbangkan untuk mengisi waktu liburan. Yuk lihat destinasi apa saja, dan mana yang paling pas buat anggaran Anda, sebagaimana direferensikan oleh situs HaloMoney.co.id.

1. Wakatobi

Tak salah bila Wakatobi dijuluki The Little Paradise in the World. Gugusan pulau --Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko-- dengan biota laut yang kaya, membuat Wakatobi patut ditempatkan di peringkat teratas destinasi wisata keren di Indonesia. Bahkan, di kelas dunia.

Betapa tidak. Ada sekitar 750 jenis spesies koral dan karang laut, atau 90 persen dari seluruh jenis karang laut di dunia, yang dapat ditemukan di Taman Nasional Wakatobi.

Selain itu, juga beraneka biota laut, seperti belut pita, scorpionfish, ikan pipa bersayap, cowrie spindle, karpet udang anemon, dan ikan keeling rockmover.

Sejumlah spot selam, sebutlah Blade Dive Site, Dunia Baru, Mari Mabuk, Coral Garden, Teluk Maya, Fan 38, Ali Reef, dan Roma Dive Site, akan memberikan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Letaknya di pusat Segitiga Karang Dunia (Indonesia-Filipina-Kepulauan Solomon), menjadikan destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) itu sebagai surga bagi para penyelam dan snorkeling.

Selain itu, ada beberapa tempat yang Instagramable. Misalnya, mercusuar peninggalan Belanda, goa Mata Air Kontamale, dan pantai Mata Air Seratus. Lalu atraksi lumba-lumba, pemandangan sunrise dan sunset di pantai, serta kilau sinar bintang bertaburan di langit saat malam juga akan menambah pengalaman menakjubkan. Oh ya, Anda pun dapat berkenalan dengan penduduk Suku Bajo yang tinggal di rumah-rumah apung di atas air laut.

 

2 dari 8 halaman

Transportasi ke Wakatobi

Wakatobi dapat dicapai melalui rute udara dan laut. Penerbangan dari berbagai kota akan transit dulu ke Kendari, ibukota Sultra, sebelum melanjutkan penerbangan sekitar 50 menit menuju Bandara Matahora yang terletak di Pulau Wangi-Wangi, pulau terbesar, dan merupakan ibukota Kabupaten Wakatobi.

Sedangkan rute laut, ditempuh lewat dermaga Pangulubelo di Wangi-Wangi, atau belasan dermaga kecil yang tersebar di sana. Perjalanan laut dari pelabuhan Makasar ke Wangi-Wangi ditempuh dalam waktu 10 jam. Setelah tiba di Wangi-Wangi, banyak tersedia ojek, angkot, dan taksi.

Bujet

- Tiket pesawat Jakarta – Wangi-Wangi sekitar Rp 2 jutaan.

- Akomodasi di Wakatobi per malam berkisar Rp 200 ribu – Rp 500 ribu.

- Rental taksi per hari berkisar Rp 250 - Rp 400 ribu.

- Paket pemandu, perlengkapan selam, kapal, dan penginapan berkisar Rp 1 juta per orang per hari.

Dengan bujet Rp 6 juta - Rp 10 jutaan, destinasi wisata kelas dunia itu dapat Anda nikmati selama 2-3 hari. Gunakan kartu kredit yang menawarkan best deals supaya lebih berhemat.

3 dari 8 halaman

2. Mengejar Sunrise di Gunung Bromo

Gunung Bromo jelas salah satu favorit di dunia. Keindahan pemandangannya tak kalah dengan Pegunungan Himalaya di Nepal. Kesan tersebut terungkap dari pengalaman wisatawan asing yang dituangkan dalam tulisan di blog Travelhysteria.

Tempat ini (Bromo) jelas merupakan salah satu tempat favorit kami di bumi, sama dengan pemandangan Himalaya di Nepal… Kami telah melihat banyak tempat yang menakjubkan tetapi Bromo jelas merupakan salah satu favorit kami,” ungkap Enrico dan Zuzana, pasangan travelers asing campuran Italia – Slowakia tersebut.

Menyaksikan sunrise dari puncak bukit Pananjakan akan menjadi pengalaman yang menakjubkan. Lalu ketika matahari mulai naik, berdirilah di Bukit Cinta. Maka akan terlihat puncak Bromo dan dua gunung berapi yang berjajar di dekatnya -Semeru dan Tengger- tampak berada di bawah kaki kita. Dan kabut awan yang menyelimuti puncak gunung-gunung tersebut, serasa membuat kita seperti sedang berada di negeri di atas awan.

Pasir berbisik, bukit savana hijau seperti di film anak-anak Teletubies terhampar indah. Selanjutnya, kawah Bromo. Naiklah, lalu dengarkan gemuruh suara kawah gunung berapi aktif tersebut. Tapi ingat, jangan sekali-kali turun mendekati dasar kawah. Berbahaya!

Spot-spot di atas sangat Instagramable. Spot lainnya, adalah Bukit Kingkong, Bukit Widodaren, Pura Luhur Poten, Bukit B29 Argosari Lumajang, Desa Ranu Pane, Air Terjun Coban Pelangi (dari rute Tumpang Malang), dan Air Terjun Madakaripura (Rute Probolinggo).

Mobil jeep hardtop dengan pengemudi yang punya skill tingkat dewa dapat Anda sewa untuk berkeliling ke spot-spot tersebut. Kapasitas penumpang maksimum 6 orang. Harga rental mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 jutaan, bergantung pada spot-spot yang akan dikunjungi.

 

4 dari 8 halaman

Rute ke Bromo

Bromo dikelilingi oleh empat kota: Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Namun, untuk mencapai Bromo, rute paling populer wisatawan dari luar wilayah Jawa Timur adalah lewat Surabaya ke Probolinggo lalu dilanjutkan ke desa Cemoro Lawang.

Di desa terdekat dengan Gunung Bromo tersebut, banyak homestay yang bisa disewa untuk menunggu saat datangnya matahari terbit. Terus terang, ketinggalan menyaksikan sunrise di Bromo akan membuat perjalanan terasa sia-sia.

5 dari 8 halaman

3. Derawan

Destinasi wisata keren di Kepulauan Derawan Kabupaten Berau Kalimantan Timur ini menawarkan pengalaman menikmati pemandangan laut yang biru, dengan pasir pantai yang putih, dan pohon-pohon nyiur melambai tertiup angin, serta spot-spot untuk kegiatan penyelaman dan snorkeling.

Empat pulau wajib dikunjungi, yakni, Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki. Pulau Maratua, seperti Derawan, menawarkan pemandangan pantai yang bersih, resort, dan penginapan serta resto di atas laut. Wisatawan mancanegara lebih suka di sini. Sedangkan Kakaban, menawarkan spot berenang di antara ubur-ubur yang tidak menyengat. Lalu penangkaran penyu dapat dilihat di Sangalaki.

Berbagai penginapan tersebar di Kepulauan Derawan. Anda yang punya bujet kecil, pilih homestay dengan harga mulai dari Rp 125 ribu hingga Rp 400 ribu per malam. Sedangkan untuk resort, atau hotel bintang tiga, harga per kamar per malam dibanderol di atas Rp 1 jutaan.

 

6 dari 8 halaman

Rute ke Derawan

Untuk ke Berau, harga tiket pesawat dari Jakarta berkisar Rp 2 jutaan. Ibukota Kabupaten Berau berada di Tanjung Redeb. Kota ini merupakan kota terdekat dari Kepulauan Derawan. Dari pusat kota ke dermaga penyeberangan Tanjung Batu menempuh 2,5 jam perjalanan darat, dengan ongkos Rp 400 ribuan untuk menyewa mobil. Untuk ongkos mobil yang lebih murah, harganya Rp 50 ribu – Rp 70 ribu. Tapi, dengan catatan sharing bersama penumpang lain dan menunggu muatan penuh.

Transportasi berikutnya menggunakan speedboat. Ongkos speedboat dari dermaga Tanjung Batu menyeberang ke Pulau Derawan Rp 100 ribu per orang, bila sharing dengan penumpang lain. Namun, bila sendirian, bisa sampai Rp 300 ribu ongkosnya. Sedangkan untuk mendatangi spot-spot di Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki, perlu sewa speedboat, dengan ongkos sewa berkisar Rp 1,2 juta sampai Rp 1,5 juta.

7 dari 8 halaman

4. Bali

Daya tarik Bali bukan hanya pada Pantai Kuta. Ada banyak spot wisata keren. Sekurangnya, terdapat 20 destinasi wisata kece yang Istagenic untuk liburan ala anak hits. Ada Tirta Gangga, warisan kerajaan yang epic banget di Jalan Abang, Amlapura Karangasem. Pura Lempuyangan di Bunutan, Abang. Kemudian Chocolate Factory di Pantai Jasri, Pertima. Pantai dengan suasana tenang, jauh dari hiruk pikuk kota, juga dapat ditemui di Pantai Karma Kandara di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Lalu ada Hidden Canyon Beji Guwang di Jalan Sahadewa, Kabupaten Gianyar, Bali. Ngarai super indah ini gak cuma menarik perhatian wisatawan domestik, tapi juga para turis mancanegara.

Nah, yang terbaru adalah Air Terjun Aling-Aling di Jalan Raya Desa Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng. Suasananya private karena sunyi dan jarang dijajaki pengunjung. Air terjun setinggi 12 meter ini dikelilingi tebing serta rimbunnya pepohonan, dan airnya jernih dan menyegarkan.

Lalu ada Taman Safari Bali di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, 17 kilometer dari Denpasar. Dan masih ada destinasi wisata keren lainnya seperti Gemitir Garden, Sharma Springs Bamboo, Tegalalang Rice Terrace, Pasar Tradisional Ubud, The Chedi Club, Taman Nasional Bali Barat, Yellow Bridge Nusa Lembongan, Dream Museum Zone, Double Six Beach, The Secret Garden, Nusa Ceningan, pulau kecil di Kepulauan Nusa Penida.

8 dari 8 halaman

5. Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota dengan spot-spot wisata yang Istagramable. The World Landmarks Merapi Park menjadi surga spot selfie yang paling kekinian di KM 25 Jalan Kaliurang, Desa Pakembinagun, Sleman. Untuk keindahan laut dan snorkeling, ada Pantai Nglambor.

Wahana air Jogja Bay Waterpark dan Umbul Ponggok Klaten, kolam natural dengan air biru jernih di Klaten yang dilengkapi aneka properti untuk foto keren di dasar air juga bisa menjadi pilihan. Atau Tebing Breksi, destinasi wisata Jogja terpopuler dengan keindahan tebing berukir yang fotogenik. Tebing batuan breksi ini terbentuk sejak jutaan tahun lalu.

Selain itu, wisata murah Jogja lainnya adalah Jurang Tembelan, Gunung Api Purba Nglanggeran, Candi Ijo, Pantai Jogan Jogja, Alun-Alun Kidul, Taman Pelangi Monjali, Bukit Bintang Patuk, Jalan Prawirotaman, Wisata Jogja dekat stasiun, Malioboro, Pasar Beringharjo, Museum Benteng Vredeburg, Titik Kilometer O Jogja, Taman Pintar (Tampin), Taman Budaya Yogyakarta.

Indonesia memiliki begitu banyak destinasi wisata keren dan menakjubkan. Agar setiap perjalanan Anda berkesan tapi tak menguras dompet, maksimalkan penggunaan kartu kredit terbaik yang memberikan keuntungan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sebut Indonesia Sahabat, PM Australia Siap Hadiri Pelantikan Jokowi - Ma'ruf
Artikel Selanjutnya
Jepang Kirim Wakil Menlu untuk Menghadiri Pelantikan Jokowi - Ma'ruf