Sukses

Cara Membuat Kliping yang Baik dan Unik, Bikin Tugasmu Makin Keren

Para siswa tentu perlu tahu cara membuat kliping ini.

Liputan6.com, Jakarta Kliping tentu bukan hal yang asing bagi sebagian orang, khususnya para pelajar? Materi ini sudah pernah disampaikan bahkan sejak sekolah dasar. Kliping masih dijadikan media pembelajaran di Indonesia. 

Kliping adalah suatu kegiatan menggunting atau memotong bagian-bagian tertentu dari media cetak, seperti majalah, buku, koran, tabloid atau sumber lain. Setelah itu, potongan tersebut disusun dalam sistem tertentu pada suatu bidang seperti kertas, kartu, karton dan lainnya untuk dijadikan bahan dokumentasi.

Kliping umumnya memiliki suatu tema tertentu, sehingga kumpulan pemotongan atau bagian yang digunting dari berbagai media lain tersebut saling terkait dan berhubungan.

Jadi, satu buah kliping biasanya mewakili satu tema tertentu. Jika dilihat dari bentuknya yang simpel dan praktis, memang tampaknya membuat sebuah kliping bisa dibilang mudah, namun sebenarnya proses membuatnya tidak bisa sembarangan.

Berikut cara membuat kliping yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Kliping yang Baik dan Unik: Tentukan Tema dan kumpulkan data

1. Tentukan tema

Hal pertama yang harus dilakukan untuk cara membuat kliping adalah dengan memilih serta menentukan tema. Tujuan dari tema di sini adalah untuk memfokuskan kliping kamu dengan sumber utama yang terkait dengan tema tersebut.

Hasilnya pun akan lebih bagus saat menggunakan tema yang spesifik. Untuk temanya sendiri alangkah baiknya jika ditentukan sesuai dengan bidangnya masing-masing, semisal bidang industri, pertanian, kesehatan, teknologi, dan banyak bidang lain yang bisa dipilih untuk menjadi tema di dalam sebuah kliping.

2.  Kumpulkan Data dan Bahan Kliping

Setelah berhasil menemukan tema yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan berbagai data serta bahan yang akan kamu jadikan kliping.

Bahan-bahan yang dimaksud dapat dicari pada suatu media cetak seperti buku, surat kabar, majalah, koran, novel, dan berbagai jenis media cetak yang lainnya.

Cara membuat kliping kamu juga bisa menemukan sumber tersebut dari internet yang tentunya lebih praktis dan mudah.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Kliping yang Baik dan Unik: Siapkan Alat

3.  Siapkan Alat untuk Membuat Kliping

Setelah kamu berhasil mengumpulkan bahan dan juga data untuk proses pembuatan kliping, maka cara membuat kliping berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan alat yang diperlukan untuk proses pembuatan kliping.

Di antara alat-alat tersebut adalah gunting, garis, beserta lem yang akan dipakai untuk membuat kliping.

Apabila kamu ingin memberikan hiasan pada kliping tersebut supaya nantinya nampak lebih menarik, maka sebaiknya kamu menambahkan berbagai hiasan misalnya spidol berwarna supaya nantinya benar-benar bisa memberikan tampilan yang terbaik dan tentunya lebih indah.

Sebelum kamu menggunting bahan-bahan yang hendak dibuat kliping, sebaiknya kamu menyiapkan kertas HVS atau volio untuk media pembuatan klipingnya.

4. Gunting Bahan Kliping

Setelah mempersiapkan alat untuk membuat kliping, maka cara membuat kliping selanjutnya adalah menggunting gambar-gambar atau berbagai artikel yang sudah dikumpulkan. Kemudian tempelkan bahan-bahan kliping tersebut di atas kertas. Untuk tata cara mengguntingnya sendiri kamu bisa menggunakan garis manual dan bisa juga membuat suatu pola khusus di dalamnya.

Hal ini tujuannya adalah meningkatkan kreasi pembuatan kliping kamu. Di samping itu, hasilnya juga akan nampak lebih bagus.

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Kliping yang Baik dan Unik: Finishing

5.  Tempelkan Bahan Kliping

Setelah kamu berhasil menggunting bahan dan membuat pola yang diinginkan, maka cara membuat kliping selanjutnya adalah dengan menempelkan bahan-bahan membuat kliping. Namun sebelum itu, kamu perlu untuk menyusun gambar tersebut dengan lebih sistematis dan rapi.

Usahakan untuk menyusun berdasarkan tahun terbitnya supaya hasilnya juga akan semakin rapi dan bagus.  Dalam langkah ini, kamu juga dianjurkan untuk membuat hiasan tertentu misalnya bunga atau hiasan jenis lain pada halaman utama kliping dan juga halaman yang lainnya.

Di samping hiasan jenis bunga, Anda juga bisa menambahkan pernak-pernik menarik lain sesuai dengan apa yang diinginkan supaya hasil klipingnya lebih baik dan menarik.

6.  Cover untuk Kliping

Cara membuat kliping selanjutnya adalah dengan membuat cover dari kliping tersebut. Namun sebelum ini, kamu sebaiknya memastikan terlebih dahulu bahwa penempelan kliping kamu sudah rapi dan benar-benar telah menempel.

Sesudah benar-benar rapi dan lengkap, cara membuat kliping selanjutnya adalah membuat covernya. Adapun cover di sini tujuannya adalah untuk menarik perhatian dan rasa penasaran dari para pembaca untuk kemudian membaca kliping yang telah dibuat.

Dalam pembuatan cover ini usahakan sebaik dan serapi mungkin supaya benar-benar mampu menarik hati pembaca. Usahakan pula membuat cover yang kekinian agar tampak lebih fresh dan indah.

7. Daftar Pustaka

Daftar pustaka di sini isinya adalah berbagai sumber yang dijadikan sebagai rujukan informasi di dalam pembuatan kliping.  Beberapa cara membuat kliping ini akan membantu kamu dalam membuat sebuah kliping yang sempurna dan memiliki nilai tinggi.

Dengan begitu, informasi yang hendak disampaikan kepada pembaca pun juga bisa tersampaikan serta dipahami dengan baik. Dan untuk membuatnya lebih menarik, kamu bisa menambahkan hiasan yang menarik dan kekinian dalam daftar pustaka.

Ini sangat penting untuk menghindarkan pada pembaca dari rasa bosan dan jenuh saat membaca kliping.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.