Sukses

7 Wisata Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah, Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Yogyakarta merupakan salah satu kota yang menjadi primadona wisata. Banyaknya wisata di Jogja serta makanan-makanan yang enak jadi daya tarik sendiri kota pelajar ini. 

Tak ayal karena banyak wisatawan yang berkunjung di Jogja, membuat banyak wisata kuliner di Jogja. Wisata kuliner di Jogja pun ada yang benar-benar nikmat dan siap membuat kalian ketagihan. 

Yogyakarta akan membuat kalian rindu dengan citarasa khas makanan di Jogja. Dengan demikian sudah terangkum 7 macam makanan yang enak sekali di Jogja.

7 wisata kuliner Jogja tersebut sudah terangkum pada artikel di bawah ini, berikut seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019). 

2 dari 3 halaman

Bebek, Gudeg, Mie Ayam, dan Ayam

1. Sego Saduk Suroboyo

Walaupun ada kata Suroboyo di kata Sego Saduk, tapi rasanya kalau kalian ke Jogja, jangan sampai melewatkan wisata kuliner ini. Wisata kuliner Jogja ini jangan diragukan lagi kenikmatannya. Menu andalan di Sego Saduk ialah nasi protol bebek. Rasa nasinya gurih, dan tentunya nagih dengan potongan bebek dicampur dengan bumbu gurih dan sambal membuat Sego Saduk selalu ramai dikunjungi. Sego Saduk ialah kuliner malam paling laris di Jalan Seturan. Dengan menghadap jalan raya, malam hari kalian di Jogja akan terasa sangat sempurna. Sego Saduk ini harganya cukup terjangkau, satu porsinya hanya 13 ribu saja. Dijamin deh ketika kalian disana, tidak akan kecewa dan siap balik lagi kesana. Untuk jam bukanya, Sego Saduk buka dari jam 8 malam hingga dini hari.

2. Gudeg Yu Djum

Wisata kuliner Jogja selanjutnya ialah Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum merupakan salah satu makanan legendaris yang ada di Jalan Wijilan. Keenakan Gudeg Yu Djum akan sempurnakan liburan kalian di Jogja. Citarasa manis yang berpadu dengan rasa pedas dari krecek, menjadi ciri khas Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum termasuk kuliner yang murah dan legendaris, hanya perlu mengeluarkan 10 ribu rupiah, kalian sudah bisa menikmati Gudeg Yu Djum. Wisata kuliner Jogja yang legendaris ini sudah ada sejak 1950. Jadi soal rasa dan citarasa yang khas dari Jogja jangan diragukan lagi, mantap abis deh!

3. Mie Ayam Pak Waldi

Walaupun Mie Ayam sudah termasuk kuliner yang pasaran dan selalu ada dimana pun, tapi untuk Mie Ayam Pak Waldi bisa jadi perkecualian. Mie Ayam Pak Waldi yang terletak di jalan Perumnas, selalu ramai walaupun tempatnya hanya kecil dan sederhana. Namun kenikmatan Mie Ayam Pak Waldi mengalahkan kesederhanaan itu. Mie Ayamnya berukuran kecil, dengan kuahnya begitu sedap saat dirasakan. Ditambah juga dengan pangsit dan ceker menyempurnakan kuliner kalian di Jogja. Untuk harga, Mie Ayam Pak Waldi hanya dipatok 8 ribu saja. Dengan uang yang hanya 8 ribu, kalian merasakan mie ayam super enak yang ada di Jogja.

4. Ayam Cahdojo Warung Demen

Berada di Nologaten, Ayam Cahdojo Warung Demen menjadi hidden treasure wisata kuliner Jogja. Kenapa disebut hidden treasure, karena Ayam Cah Dojo ini letaknya tersembunyi dan jauh dari keramaian. Meskipun demikian, karena keenakannya, Ayam Cah Dojo tetap saja selalu ramai. Ayam Cah Dojo memiliki porsi yang sangat besar. Satu porsi dengan nasi dan es teh memiliki harga 18 ribu rupiah. Untuk kualitas rasa sangat nikmat, dan pastinya kalian bakal nagih. Ayam tepungnya yang digunakan dada dan iti porsi besar. Ayam Cah Dojo mulai malam jam 18.00 WIB.

3 dari 3 halaman

Sate, Angkringan, Nasi Pecel

5. Sate Klatak Pak Pong

Ke Jogja tanpa makan Sate Klatak rasanya kurang lengkap. Wisata kuliner jogja asli ini memang sangat nikmat, dan tempat kuliner yang sangat direkomendasikan ialah sate klatak pak pong. Sate kambing yang ditusuk jeruji besi dari velg sepeda ini berada di Jalan Imogiri Timur. Sate Klatak Pak Pong siap menggoyang lidah kalian dengan sensasi daging kambing yang super nikmat. Untuk bisa menikmati sate klatak ini, kalian hanya perlu mengeluarkan uang 12 ribu saja. Sate Klatak Pak Pong tidak pernah sepi, buka dari jam 9 pagi dan tutup di jam 11 malam. Kenikmatan yang hakiki bakal kalian rasakan deh, makanya mampir ke Sate Klatak Pak Pong!

6. Angkringan Lik Man

Angkringan juga jadi wisata kuliner Jogja yang tidak boleh dilupakan. Kesederhanaan di angkringan menjadi daya tarik mengaoa wisatawan wajib mencoba makan di Angkringan. Dan makan di Angkringan yang legendaris dan wajib dicoba ialah Angkringan Lik Man. Angkringan Lik Man sudah ada sejak 1967. Angkringan yang berada didekat Malioboro ini memang tidak pernah mengenal kata sepi. Kopi Jos menjadi menu andalan di Angkeingan Lik Man. Kalian bisa menemukan Angkringan Lik Man dari jam 2 siang hingga dinihari. Untuk harga jangan ditanya, murah banget, ya namanya juga angkringan, harga dimulai dari 500 rupiah yakni jajanan seperti kacang dan lain-lain.

7. SGPC Bu Wiryo

Walaupun bukan menjadi makanan khas Jogja, tapu sego pecel atau nasi pecel SGPC Bu Wiryo tidak boleh sama sekali dilewatkan. SGPC Bu Wiryo sudah ada sejak 1959. Nasi Pecel ini bisa dinikmati dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam. Nasi pecel yang tidak pernah sepi ini memang menjadi wisata kuliner Jogja yang sangat nikmat karena pendamping nasi pecelnya ialah anek gorengan, sate usus, sate telur puyuh, hingga telur ceplok. Terletak di Jalan Agro Caturtunggal, SGPC Bu Wiryo wajib dicoba bagi wisatawan yang berkunjung di Jogja.

Jadi itulah 7 wisata kuliner di Jogja yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Selain Jogja berhati nyaman, ternyata Jogja juga tempat terbaik untuk makan-makan. Yuk wisata kuliner ke Jogja!

Loading
Artikel Selanjutnya
Tanda-Tanda Kiamat Kecil dan Kiamat Besar Menurut Islam yang Jarang Diketahui
Artikel Selanjutnya
Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer, Lengkap dengan Manfaat dan Cara Kerjanya