Sukses

Cara Membuat Surat Pernyataan, Cocok Bagi Pemula

Liputan6.com, Jakarta Di era modern saat ini mungkin kamu sudah jarang membuat atau menulis sebuah surat. Surat saat ini sudah digantikan dengan penggunaan surat-surat elektronik atau yang kita ketahui adalah e-mail. 

Namun beberapa keperluan masih sangat membutuhkan surat-surat sebagai fungsi yang penting. Surat-surat masih diperlukan di beberapa tempat seperti di sekolah, perusahaan tempat bekerja, jual beli, perjanjian, hutang piutang dan lain-lain.

Pada saat ini surat-surat dibuat sebagai bukti atau untuk memegang janji dari pernyataan seseorang atau instansi secara tertulis. Biasanya surat seperti ini bersifat resmi.

Tak jarang kalau kamu sering menemui surat-surat yang resmi dengan materi 6000 beserta tanda tangan yang bersangkutan. Lalu bagaimana cara membuat surat pernyataan?

Kali ini Kamis (24/1/2019) Liputan6.com membahas tentang cara membuat surat pernyataan agar kamu bisa memahami tentang tata cara membuatnya. Namun sebelumnya, alangkah baiknya jika kamu mengetahui dulu apa itu surat pernyataan.

2 dari 5 halaman

Pengertian Surat Pernyataan

Surat pernyataan adalah salah satu jenis surat yang ditulis oleh seseorang untuk menyatakan diri kepada orang lain yang pernah atau belum pernah melakukan suatu hal.

Makna lainnya, surat pernyataan adalah pernyataan tertulis yang berisi kemampuan atau kesanggupan seseorang individu atau kelompok untuk bersepakat melakukan apa yang ditulis dalam surat tersebut.

Isi dari surat pernyataan seringkali adalah hal yang penting. Tidak boleh sembarangan karena harus sesuai dengan kenyataan mengenai pembuat surat pernyataan tersebut.

Jika hanya dalam bentuk lisan saja, maka tentu tidak akan bisa dipegang dan tidak bisa dijadikan bukti untuk meminta pertanggung jawabkan. Maka dari itulah, akhirnya dibuat surat pernyataan, sebagai alat bukti yang sah.

Bahkan mungkin jika kemudian kasusnya adalah hal yang sangat penting dan kemudian dibawa ke pengadilan, surat pernyataan ini mungkin dapat dijadikan sebagai dokumen pendukung untuk penyelesaian perkara lewat jalur hukum.

3 dari 5 halaman

Format dan Bentuk Surat Pernyataan

Dalam surat pernyataan terdapat tiga bagian yang penting yakni bagian pembuka, isi pernyataan dan bagian penutup.

Pada bagian pembuka, terdapat tulisan “Surat Pernyataan” yang biasanya diletakkan di bagian tengah surat dengan hurruf capital.

Bagian isi pernyataan, mengenai pernyataan yang disampaikan. Bagian isi jug amenjelaskan identitas pihak-pihak yang terlibat memberikan pernyataan dan maksud dari surat pernyataan dibuat.

Bagian penutup, tertera tanggal dan tempat pembuatan surat pernyataan serta identitas yang membuat surat. Biasanya bagian penutup meliputi nama identitas, tanda tangan dan keterengan lainnya serta menambahkan materai 6000 jika diperlukan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Surat Pernyataan

Setelah membaca tentang format surat pernyataan, kini kamu bisa simak cara membuat surat pernyataan. Berikut tahapannya.

1. Ketahui dulu dengan jelas surat pernyataan tentang apa yang ingin dibuat. Apakah surat pernyataan mengenai hutang, surat pernyataan mengenai kesanggupan diri atau yang lainnya.

2. Jika mengetik di komputer atau laptop, buka Microsoft Word dan kemudian ketikkan SURAT PERNYATAAN yang semuanya berhuruf kapital. Letakkan di posisi center pada bagian paling atas.

3. Ketikkan mengenai isi pernyataan tersebut termasuk identitas yang membuat isi pernyataan. Misalnya jika kamu membuat surat pernyataan untuk diri sendiri, maka kamu perlu menulis dengan jelas data dirimu.

4. Tulis pada bagian penutup dengan nama tempat dan tanggal dibuatnya surat, serta nama pembuat surat pernyataan.

5. Baca kembali surat pernyataan yang sudah dibuat ini sebelum dicetak (diprint). Pastikan tidak ada salah ketik dan format atau susunannya benar.

6. Jika dirasa sudah oke, surat pernyataan ini pun bisa dicetak atau di-print.

7. Kemudian beri tanda tangan sesuai nama yang tertera pada bagian paling bawah surat.

Jika kamu membuat surat ini untuk diri sendiri, maka kamu yang menandatanginya. Tapi jika kamu membuatkan surat pernyataan tersebut karena diminta tolong oleh orang lain, maka bisa minta orang tersebut yang menandatanganinya.8. Selesai. Dan surat pernyataan ini bisa digunakan sesuai keperluan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Surat Pernyataan

Setelah kamu ketahui cara membuat surat pernyataan, penting untuk kamu tahu manfaat dari kamu membuat surat pernyataan. Berikut adalah beberapa manfaat surat pernyataan untuk masing-masing pihak.

1. Bagi Penerima, begitu surat pernyataan sudah ada, penerima harus mempunyai alasan atau alat bukti untuk menuntut pertanggungjawaban pihak yang menulis surat pernyataan tersebut bila ia mendapati apa yang ada di dalamm nya tidak sesuai dengan keinginannya.

2. Bagi Pembuat, dengan adanya surat pernyataan, pembuat surat mempunyai alasan atau bukti bahwa si pembuat tersebut benar-benar melakukan atau seperti apa yang sesuai fakta yang ada di keterangan di dalam surat pernyataan tersebut.

3. Bagi pihak yang dinyatakan, surat pernyataan berguna untuk pengukuhan kondisi pihak yang dnyatakan atau diterangkan, bisa bersifat positif maupun negatif bilamana surat pernyataan tersebut dapat dibuat oleh orang lain. 

Dari penjelasan cara membuat surat pernyataan bisa kamu praktekkan saat kamu membutuhkan surat pernyataan sebagai bukti di masa depan. Hati-hati dalam cara membuat surat pernyataan karena surat pernyataan adalah surat resmi yang jika kamu tidak hati-hati mungkin akan menimbulkan masalah.

 

Reporter: Loudia Mahartika

Loading