Sukses

Kampung Penas, Satu-satunya Kampung Bebas Asap Rokok di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Merokok mungkin sudah menjadi hal biasa dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Selain dilakukan oleh berbagai kalangan, merokok juga biasa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Namun, kampung yang terbilang unik di daerah Jakarta Timur justru menerapkan peraturan yang melarang merokok di wilayah tersebut.

Warna-warni pada lingkungan warga merupakan daya tarik sendiri bagi Kampung Penas. Peran warga untuk memerangi asap rokok juga patut diacungi jempol. Pasalnya, Kampung Penas disebut-sebut sebagai satu-satunya kampung tanpa asap rokok di Jakarta.

"Karena memang warga merasakan sendiri akibat dari merokok. Banyak yang terkena penyakit paru-paru dan ada juga yang terkena penyakit lainnya karena rokok," ujar Nobby, koordinator proyek tersebut seperti dikutip dari ZoominTv.

Kesadaran warga terhadap bahaya rokok melatarbelakangi munculnya peraturan tersebut. Pelarangan merokok di wilayah kampung diterapkan dengan ketat kepada seluruh warga.

Bahkan di rumah mereka sendiri, warga tetap dilarang untuk merokok. Jika, masih ditemukan warga yang merokok maka mereka akan langsung mendapat peringatan.

Tindakan warga Kampung Penas untuk memberantas asap rokok, bisa menjadi langkah baik untuk menata lingkungan yang sehat. Upaya pemberantasan asap rokok yang dilakukan Kampung Penas, semoga bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya di Indonesia.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan videonya di bawah ini:

Loading