Sukses

Warga Rappokaling Ramai-Ramai Lakukan Urban Farming

Kegiatan urban farming ini mulai digulirkan pada tahun 2015.

Liputan6.com, Jakarta Rumah Zakat ICD (Integrated Community Development) Rappokaling, Makassar membentuk urban farming bagi warga. Menurut Ana Mardiyati, Fasilitator ICD Rappokaling, tujuan utamanya adalah agar wilayah Rappokalling selain bersih dari sampah juga asri dengan banyaknya tanaman.

Selain itu, Ana menambahkan urban farming ini bukan sekedar kegiatan menanam tumbuhan hijau. Tanaman yang ditanam selain bisa menyegarkan mata juga harus memiliki manfaat bagi warga agar mereka merasa ringan dan senang merawatnya.

“Semenjak adanya program urban farming, saya mulai memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah untuk menanam tanaman sayur. Hasilnya bisa dimanfaatkan untuk keperluan dapur sendiri. Jadi, dengan adanya program ini saya dan ibu-ibu di sini jadi bisa semakin hemat,” kata Ramlah, salah satu warga yang juga menjadi penggerak urban farming, Selasa (14/3).

Kegiatan urban farming ini mulai digulirkan pada tahun 2015. Untuk menunjang kegiatan urban farming di Rappokalling, Rumah Zakat menyalurkan 1000 jenis bibit tanaman yang terdiri dari bayam, tomat, cabai, terong, kangkung, dan lain-lain. Kini sebanyak 50 orang warga sudah mulai memanen hasilnya. “Alhamdulillah pas cabe naik saya punya persediaan sendiri. Jadi gak repot kalau mau bikin sampal,” ungkap Ratna, salah satu anggota urban farming sambil tersenyum.

Warga Rappokaling Ramai-Ramai Lakukan Urban Farming

Selain ditanam secara konvensional, komunitas urban farming Sikamaseang juga menerapkan metode hydroponik dalam pemeliharaan tanamannya. “Alhamdulillah komunitas ini menjadi inspirasi untuk wilayah kelurahan Rappokalling. Ditahun ini kami akan terus mencoba melakukan inisiasi program yang sama ke berbagai daerah lainnya di Makasar ini, agar semakin banyak orang yang merasakan manfaat dari menanam sayur sendiri seperti ini,” tutur Ana. **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini