Sukses

Kerambit, Senjata Tradisional Indonesia yang Mendunia

Liputan6.com, Jakarta Kerambit, pisau genggam kecil berbentuk melengkung ini jadi satu dari senjata populer bela diri tradisional silat. Penggemar film Merantau pasti terpukau dengan adegan ketika Iko Uwais berlatih silek (silat) harimau, menggunakan kerambit.

Namun, tak hanya Iko yang menggunakan kerambit. Anggota US Marshall di Amerika Serikat pun mengakui efektifnya kerambit untuk senjata bela diri dan melumpuhkan lawan. Tak heran, kerambit menjadi senjata wajib anggota US Marshall.

"Kerambit itu pisau kecil yang bentuknya melengkung kayak kuku harimau. Yang saya tahu, senjata ini memang terinspirasi dari kuku harimau. Ada lubang di bagian pegangan pisaunya, besar lubangnya seukuran jari tangan manusia," kata Cahya Nugraha anggota Persatuan Gerak Badan Bangau Putih yang berada di bawah naungan IPSI Ikatan Persatuan Silat Indonesia (IPSI) kepada Liputan6.com.

Ia menambahkan, kerambit pada awalnya alat pertanian yang dirancang untuk memotong batang padi, membersihkan akar hingga mencongkel kelapa. Bagaimana kerambit akhirnya menjadi senjata? Simak video dan kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Kisah Horor yang Legendaris di SMA Tugu - Malang. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

Penulis: 

Dimas Pamungkas - Universitas Pancasila

Loading