Sukses

5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Resolusi Tahun Depan Tercapai

Citizen6, Jakarta Menuju akhir tahun, biasanya adalah saat yang tepat bagi kebanyakan orang untuk menyusun resolusi tahun yang akan datang. Sudahkah Anda menyusun resolusi untuk tahun depan? Lantas bagaimanakah pencapaian resolusi tahun baru Anda kemarin?

Menurut John O’Neill, kepala sebuah klinik kecanduan di Houston, AS, banyak kebiasaan buruk yang ingin kita hilangkan dalam resolusi yang kita buat, hal tersebutsecara tak langsung adalah sebuah cara mengatasi stres, sebaiknya pikirkan juga cara lain untuk menanggulangi stres anda ketika ia datang.

Seringkali resolusi yang dibuat oleh banyak orang gagal ia capai, banyak kendala yang muncul sehingga menghambat proses orang tersebut untuk memenuhi resolusinya, salah satu faktornya adalah kurangnya konsistensi terhadap resolusi yang sudah dibuatnya.

Apakah dengan begitu, membuat resolusi merupakan suatu hal yang sia-sia? Atau sebenarnya selama ini cara Andalah yang salah dalam membuat resolusi? Berikut adalah cara yang dapat Anda coba dalam membuat resolusi untuk tahun yang akan datang, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan agar resolusi Anda berjalan baik dan berhasil.

1. Bukti Tertulis.

Buatlah resolusi Anda dalam bentuk daftar, tulis di kertas, dan tempel di tempat yang memungkinkan Anda untuk melihatnya setiap hari. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan Anda tentang resolusi yang sudah Anda buat, sehingga Anda akan merasa memiliki kewajiban untuk menuntaskan dan menjadikannnya sebuah pencapaian.

2 dari 5 halaman

Lebih Spesifik

2. Buatlah Resolusi Yang Lebih Spesifik.

Target resolusi yang tidak jelas hanya akan memberikan pencapaian yang tidak maksimal, karena akan membuat Anda merasa sulit untuk menentukan titik keberhasilan yang seharusnya Anda penuhi. Misalnya seperti ini, jangan hanya berusaha untuk membuat resolusi tahun depan Anda mampu menggambar, namun Anda harus mewujudkan keinginan tersebut lebih spesifik.

Caranya adalah dengan mengikuti kursus menggambar atau mengikuti berbagai kompetisi menggambar untuk mengasah keterampilan menggambar Anda.

3 dari 5 halaman

Jangan Terlalu Banyak

3. Jangan Membuat Resolusi Terlalu Banyak.

Buatlah resolusi yang memungkinkan Anda untuk mencapainya, resolusi yang terlalu banyak hanya akan membuat Anda tidak fokus pada pencapaian resolusi tersebut, karena Anda akan merasa memiliki beban dan merasa terdesak. Dengan resolusi yang tidak terlalu banyak, pencapaian yang ingin Anda lewati dapat membuat Anda menjalankannya dengan lebih fokus dan terarah, kemungkinan untuk berhasilnya pun akan semakin besar.

4 dari 5 halaman

Hadiah untuk diri sendiri

4. Catat Keberhasilan dan Beri Hadiah Untuk Diri Anda Sendiri.

Hal lain yang perlu dilakukan untuk membuat resolusi Anda tercapai adalah dengan mencacat setiap kali Anda berhasil melakukan satu prilaku tertentu, ketika suatu saat nanti Anda merasa malas dan tidak termotivasi, lihatlah kembali catatan tersebut.

Hal ini akan mengingatkan Anda jika Anda pernah bahkan sering berhasil untuk melakukan suatu hal. Jangan lupa untuk menentukan hadiah seperti apakah yang Anda inginkan sejak awal Anda merancang resolusi, hadiah ini dapat membuat Anda merasa termotivasi untuk menjalankan resolusi.

5 dari 5 halaman

Pengawas Resolusi

5. Cari Pengawas Resolusi Anda.

Setelah Anda menentukan resolusi apa yang ingin Anda capai di tahun depan, beritahulah orang-orang terdekat Anda, seperti teman, saudara kandung, orang tua, rekan kerja atau kekasih Anda. Tujuan hal ini adalah untuk meminta bantuan mereka agar mereka mengingatkan Anda kalau seandainya suatu saat nanti Anda lupa mengenai resolusi yang Anda buat, selain itu mereka juga akan memuji Anda jika berhasil mencapai target tertentu.

Bahkan, lebih baik lagi jika Anda dan orang-orang terdekat Anda memiliki resolusi yang sama, sehingga dapat bersama-sama melakukan resolusi dan dapat saling mengingatkan satu sama lain tentang resolusi yang harus dicapai.

Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6