Sukses

Berhenti Membuka Sosial Media Tiap Saat, Ini yang Anda Dapatkan

Pernahkah Anda berpikir untuk berhenti bermain sosial media yang Anda buka setiap saat? Ini yang akan Anda dapatkan jika Anda melakukannya

Citizen6, Jakarta Sosial media telah menyedot kehidupan kita. Saat ini, tak ada hal yang tak kita bagi dengan sosial media. Ruang privat pun menjadi kabur. Tak ada lagi batas antara maya dan nyata. Sosial media secara tak langsung membuat seseorang mencitrakan dirinya menjadi pribadi yang lain. Pribadi yang ingin dilihat orang banyak dan bukan pribadi yang apa adanya. 

Lalu bila semisal Anda berhenti membuka sosial media setiap saat. Apakah yang akan Anda dapatkan?

1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Sudah banyak penelitian yang membuktikan, sosial media dapat mereduksi kepercayaan diri seseorang. Saat Anda bermain sosial media, tanpa disadari Anda akan membandingkan diri Anda dengan orang-orang di sosial media. Anda mulai berkecil hati. Padahal, tak semua yang Anda lihat di sosial media itu nyata. Banyak orang yang hanya menggunakan sosial media untuk pencitraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

2. Lebih sehat dan bugar

Pernahkah Anda mengeluh sakit leher dan punggung karena terlalu lama menunduk melihat ponsel pintar? Atau, badan merasa lemas karena seharian bermain sosial media? Saat Anda berhenti membuka sosial media tiap saat, Anda akan mendapati tubuh Anda lebih nyaman. Tinggalkan media sosial sesaat, pergilah berolahraga. Banyak hal positif yang bisa Anda dapati dengan berolahraga ketimbang bermain sosial media.

3. Data pribadi terjaga

Dewasa ini, banyak kejahatan yang bermula dari sosial media. Baik data pribadi yang dicuri dan digunakan untuk hal-hal yang tak baik, maupun foto-foto yang disalahgunakan oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab. Hal ini terkadang terjadi tanpa Anda sadari. Berhati-hatilah memakai sosial media dan kurangi menyebar hal-hal yang bersifat pribadi di sosial media.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Memiliki teman yang sesungguhnya

Meski Anda memiliki ribuan teman di sosial media, satu hal yang harus Anda sadari adalah mereka tidak nyata. Sesering apapun Anda chatting dengan teman di sosial media, kualitas yang Anda dapatkan tak akan sama bila Anda berbicara langsung dengan orang tersebut. Padahal mungkin banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari orang-orang di kehidupan nyata yang teracuhkan oleh aktivitas Anda di sosial media.

5. Produktivitas meningkat

Coba sesekali Anda renungkan, berapa waktu yang terbuang karena membuka sosial media di jam kerja? Padahal dalam waktu tersebut banyak pekerjaan yang dapat Anda selesaikan. Pertimbangkan kembali, sepadankah waktu yang terbuang untuk membuka sosial media dengan waktu kerja yang bertambah karena tidak produktif.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

6. Fokus

Betul sekali. Saat Anda berhenti membuka sosial media setiap saat, Anda akan lebih fokus dalam melakukan sesuatu. Baik saat berkendara, maupun dalam melakukan hal lainnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini