Sukses

Daftar Penipuan Lewat Hoaks yang Beredar di WhatsApp

Berikut kumpulan penipuan lewat hoaks yang beredar di WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta- Aksi penipuan memanfaatkan beragam saluran komunikasi untuk menjerat korbannya, salah satu yang digunakan adalah aplikasi percakapan WhatsApp.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks yang menjadi modus penipuan, setelah melakukan penelusuran dengan meastikan kebenarannya dari sumber yang kredibel.

Berikut kumpulan penipuan lewat hoaks yang beredar di WhatsApp.

File APK Laporan Pengiriman Paket dari Akun WhatsApp Pos Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia, informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan.

Klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia berupa laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp yang menggunakan foto profil logo Pos Indonesia, pengirim laporan mencantumkan file berbentuk APK dengan nama IMG.

Pengirim pesan tersebut pun melaporkan jika paket sudah dikirim dan diletakan di depan, kemudian mengarahkan penerima pesan untuk membuka foto yang dikirimnya berupak file APK tersebut sebagai bukti paket sudah diletakan.

Benarkah klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Shopee Bagikan Hadiah Rp 2 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta, kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta.

"PT. SHOPEE ID

Salam kenal dengan saya IRFAN dari layanan Shopee langsung.

Bapak/ibu yang terhormat kamimelakukan pengundian hadiah secara acak dari 1-5 pemenang termasuk nomor kakak terpilih sebagai pemenang dari Shopee langsung kak sebesarRp. 2.000.000

Disini penerimaan nya tidak dipungut biaya sedikit pun karena telah ditanggung oleh Pihak Shopee langsung.

Kami disini telah menyiapkan untuk cara penerimaan ada dua ya itu.

1. Bisa dijadikan voucher belanja gratis ongkir selama 1 bulan

2. Bisa dijadikan uang tunai melalui rekening bank

Silahkan kakak pilih metode penerimaan nya tersebut.

Dalam rangka Shopee cuan-cuan big sale promo terbesar se-Indonesia."

Benarkah klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini...

3 dari 4 halaman

BPJS Ketenagakerjaan Bagikan Amal Sosial Rp 27 Juta untuk 10 Orang Beruntung 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim BPJS Ketenagakerjaan membagikan amal sosial Rp 27 juta untuk 10 orang beruntung. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut klaim BPJS Ketenagakerjaan membagikan amal sosial Rp 27 juta untuk 10 orang beruntung.

"PENGUMUMAN SALAM...

BPJS Ketenagakerjaan mengadakan amal sosial kepada masyarakat Indonesia.

Bersangkutan dgn Dana Bantuan tersebut, pihak BPJS Memberikan bantuan utk 10.orang yg beruntung saja yg di undi melalui nomor whatsapp.

Mengenai Dana Bantuan Tersebut masing-masing mendapatkan Rp. (27.000.000)

Dan Nomor whatsapp anda salah satu yg TERSELEKSI.

BPJS Menyampaikan Bahwa Anda Terdaftar di kantor BPJS pusat menerima Dana. Bantuan Rp. 27Jt.

PIN_ANDA BP45J9S

KETERANGAN PENERIMAAN DANA BANTUAN.

KETIK. BP45J9S

kirim ke.WA

ADMIN BPJS DI BAWAH INI.

wa.me/6285824466027"

Benarkah klaim BPJS Ketenagakerjaan membagikan amal sosial Rp 27 juta untuk 10 orang beruntung? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.