Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Shopee Bagikan Hadiah Rp 2 Juta Lewat Pesan Ini

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta, kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta.

"PT. SHOPEE ID

Salam kenal dengan saya IRFAN dari layanan Shopee langsung.

Bapak/ibu yang terhormat kamimelakukan pengundian hadiah secara acak dari 1-5 pemenang termasuk nomor kakak terpilih sebagai pemenang dari Shopee langsung kak sebesarRp. 2.000.000

Disini penerimaan nya tidak dipungut biaya sedikit pun karena telah ditanggung oleh Pihak Shopee langsung.

Kami disini telah menyiapkan untuk cara penerimaan ada dua ya itu.

1. Bisa dijadikan voucher belanja gratis ongkir selama 1 bulan

2. Bisa dijadikan uang tunai melalui rekening bank

Silahkan kakak pilih metode penerimaan nya tersebut.

Dalam rangka Shopee cuan-cuan big sale promo terbesar se-Indonesia."

Benarkah klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta dengan menghubungi pihak Shopee, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam keterangan tertulisnya menyatakan, semua informasi resmi dari Shopee hanya dikirim lewat akun WhatsAppShopee bercentang biru yang sudah terverifikasi termasuk pengumuman pemenang kompetisiyang hanya dilakukan di media sosial resmi Shopee terverifikasi. 

Melalui situs laman situs resmi help.shopee.co.id yang dibagikan, Shopee hanya akan menghubungi Anda melalui akun resmi atau melalui notifikasi di aplikasi Shopee.

Penipu yang mengatasnamakan pihak Shopee biasanya menelepon atau mengirim pesan melalui SMS atau WhatsApp dengan ciri-ciri sebagai berikut:

Menggunakan ejaan dan tata bahasa yang buruk atau meminta informasi yang sensitif, seperti password atau Kode Verifikasi (OTP).

Mengumumkan Pemenang undian atau hadiah dari Shopee/ShopeePay beserta nominal hadiah atau melalui scan kode QR.

Memberikan informasi teknis terkait akun Shopee atau pesanan.

Menggunakan dan/atau memberikan alamat situs mencurigakan yang bukan merupakan situs resmi Shopee.Mengarahkan untuk scan kode QR.

 

Sumber:https://help.shopee.co.id/portal/article/73457-[Keamanan-Akun]-Bagaimana-cara-menghindari-penipuan%3F

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta dengan menghubungi pihak Shopee tidak benar.

Semua informasi resmi dari Shopee hanya dikirim lewat akun WhatsAppShopee bercentang biru yang sudah terverifikasi termasuk pengumuman pemenang kompetisiyang hanya dilakukan di media sosial resmi Shopee terverifikasi.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.