Sukses

Cek Fakta: Hoaks File APK Laporan Pengiriman Paket dari Akun WhatsApp Pos Indonesia

klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia, informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan.

Klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia berupa laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp yang menggunakan foto profil logo Pos Indonesia, pengirim laporan mencantumkan file berbentuk APK dengan nama IMG.

Pengirim pesan tersebut pun melaporkan jika paket sudah dikirim dan diletakan di depan, kemudian mengarahkan penerima pesan untuk membuka foto yang dikirimnya berupak file APK tersebut sebagai bukti paket sudah diletakan.

Benarkah klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia, dalam pengumuman berujudul "Waspada Penipuan Lewat Link Tak Dikenal di Telegram atau WA" yang dimuat situs posindonesia.co.id menyatakan, informasi tersebut bukan berasal dari Pos Indonesia dan merupakan modus penipuan.

"Pesan dari seseorang yang berisi link tak dikenal atau file **.apk, abaikan saja. Hal ini memungkinkan Link tersebut adalah link phising atau link penipuan. Phising sendiri adalah salah satu kejahatan siber bentuk penipuan untuk memperoleh data sensitif pengguna seperti pin dan password aplikasi keuangan.".

Sumber:https://www.posindonesia.co.id/id/program-kami/detail/56/waspada-penipuan-lewat-link-tak-dikenal-di-telegram-atau-wa

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Faklta Liputan6.com, klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia tidak benar.

File APK dalam laporan tersebut  adalah link phising atau link penipuan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini