Sukses

Hoaks Terkini Seputar Piala Dunia Qatar 2022, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar Piala Dunia Qatar 2022 bermunculan di tengah perhelatan pertandingan sepak bola tersebut, hal ini tentu dapat menyesatkan pihak yang mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar Piala Dunia Qatar 2022, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Simak kumpulan hoaks terkini seputar Piala Dunia Qatar 2022.

Video Pemain Sepak Bola Ditampar Pelatih di Ruang Ganti Tim Qatar

Sebuah video yang diklaim pelatih menampar pemain di ruang ganti tim sepak bola Qatar beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 21 November 2022.

Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan seorang pelatih tengah menampar anak asuhnya.

Setelah itu, si pelatih memberi peringatan keras kepada murid-muridnya. Video itu kemudian dikaitkan dengan kondisi ruang ganti tim sepak bola Qatar.

"Sementara itu di ruang ganti tim Qatar....," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 182 kali ditonton dan mendapat 3 komentar dari warganet.

Benarkah video pemain ditampar merupakan rekaman suasana ruang ganti tim Qatar? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

FIFA Bagikan Kuota Internet 50GB Gratis untuk Nonton Piala Dunia Qatar 2022

Kabar tentang federasi sepak bola dunia (FIFA) memberikan kuota internet 50 GB gratis untuk menonton pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 beredar di media sosial.

Kabar tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp sejak 16 November 2022.

Dalam pesan berantai itu disebutkan bahwa FIFA memberikan kuota internet sebesar 50 GB gratis. Untuk mendapatkan hadiah itu, penerima pesan diminta membuka sebuah tautan.

"* FIFA memberi orang-orang di seluruh dunia data 50GB secara gratis untuk menonton Piala Dunia Kartel 2022.*

* Saya Telah Menerima Milik Saya.* * BUKA INI*

https://eco-subsidy.top/datafifa/Hourrow9vb8pf3MuUFUoUm?1668578830514," demikian isi dari pesan berantai tersebut.

Benarkah FIFA membagikan kuota internet 50 GB gratis untuk menonton Piala Dunia Qatar 2022? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hoaks Berikutnya

Pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 Diskors Saat Azan Berkumandang

Sebuah video yang diklaim pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 diskors saat azan berkumandang beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 23 November 2022.

Video berdurasi 3 menit 29 detik itu menampilkan pertandingan sepak bola. Skor sementara menunjukkan kedua tim berbagi angka, 1-1.

Saat pertandingan masih berlangsung, terdengar lantunan azan. Wasit yang memimpin pertandingan pun meniup pluit dan memutuskan menghentikan sementara pertandingan tersebut.

Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 dihentikan sementara ketika azan berkumandang.

"Ketika azan berkumandang pertandingan piala dunia di Qatar diskor hingga sholat usai....," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 8 kali ditonton dan mendapat beberapa respons warganet.

Benarkah dalam video itu pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 diskors saat azan berkumandang? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

Kapten Timnas Qatar Pakai Atribut Bendera Palestina Saat Laga Pembuka Piala Dunia 2022

Kabar tentang kapten timnas Qatar, Hassan Al-Haydos mengenakan ban kapten bendera Palestina saat laga pembuka Piala Dunia 2022 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 22 November 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar Hassan Al-Haydos. Pada gambar tersebut terdapat narasi bahwa Hassan mengenakan ban kapten bendera Palestina saat laga pembuka Piala Dunia Qatar 2022.

"QATARI NATIONAL TEAM CAPTAIN WEARS PALESTINIAN FLAG ARMBAND BEFOR MATCH START," demikian narasi dalam gambar tersebut.

"Kapten Timnas Qatar Hassan Al Haidous memakai Ban kapten dengan Bendera Palestina di Lengan nya saat melawan Ekuador di Laga Pembuka Piala Dunia 2022," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dari warganet.

Benarkah kapten timnas Qatar, Hassan Al-Haydos mengenakan ban kapten bendera Palestina saat laga pembuka Piala Dunia 2022? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

3 dari 4 halaman

Goodie Bag Piala Dunia Qatar 2022 Berisi Sajadah dan Booklet Pengenalan Islam

Klaim tentang goodie bag Piala Dunia Qatar 2022 berisi sajadah dan booklet pengenalan Islam dengan 10 bahasa beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 21 November 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto goodie bag Piala Dunia Qatar 2022 yang terdapat pada tiap kursi penonton di stadion. Akun Facebook itu mengklaim isi dari goodie bag tersebut adalah sajadah, parfum, dan booklet pengenalan Islam dengan 10 bahasa.

"Sisi lain pildun Qatar

Setiap penonton mendapatkan bingkisan godybag berisi:

1- Sajadah

2- Parfum

3- Booklet pengenalan islam dg 10 bahasa

Keren....

World Cup berkelas

Selamat dunia akhirat

Bravo Qatar," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 550 kali dibagikan dan mendapa 123 komentar dari warganet.

Benarkah goodie bag Piala Dunia Qatar 2022 berisi sajadah dan booklet pengenalan Islam dengan 10 bahasa? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS