Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video ini Pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 Diskors Saat Azan Berkumandang

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 diskors saat azan berkumandang beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 23 November 2022.

Video berdurasi 3 menit 29 detik itu menampilkan pertandingan sepak bola. Skor sementara menunjukkan kedua tim berbagi angka, 1-1.

Saat pertandingan masih berlangsung, terdengar lantunan azan. Wasit yang memimpin pertandingan pun meniup pluit dan memutuskan menghentikan sementara pertandingan tersebut.

Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 dihentikan sementara ketika azan berkumandang.

"Ketika azan berkumandang pertandingan piala dunia di Qatar diskor hingga sholat usai....," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 8 kali ditonton dan mendapat beberapa respons warganet.

Benarkah dalam video itu pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 diskors saat azan berkumandang? Berikut penelusurannya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 diskors saat azan berkumandang. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "pertandingan sepak bola berhenti karena azan" di kolom pencarian situs berbagi video YouTube.

Hasilnya terdapat video identik yang diunggah channel YouTube Cordova Media pada 27 Januari 2018 lalu. Video tersebut berjudul "Momen ketika Wasit Menghentikan Pertandingan di Kala Adzan Berkumandang".

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Cordova Media.</p>

"Ada kejadian menarik yang terjadi di pertandingan antara Al Feiha berhadapan dengan Al Fateh di Stadion King Salman, Al Majma'ah, pada Rabu (24/01/18) kemarin. Pasalnya, mantan wasit Liga Primer Inggris, Mark Clattenburg yang memimpin pertandingan menghentikan laga kala Adzan berkumandang .

Kejadian itu terjadi pada babak 16 besar Piala Arab Saudi. Saat itu, pertandingan tengah memasuki babak tambahan babak kedua. Tiba-tiba, wasit Mark Clattenburg mengangkat tangan dan meniup pluit disaat pertandingan tengah berlangsung.

Sontak para pemain dari kedua tim yang bertanding mengalami kebingungan karena tidak melakukan pelanggaran sebelumnya. Namun, wasit asal Inggris itu pun langsung menjelaskan kepada kedua tim tersebut untuk menghentikan sementara pertandingan karena terdengar suara Azan dari Mesjid dekat Stadion.

Melihat aksi tersebut, para penonton yang hadir langsung di Stadion King Salman, Al Majma'ah, memberikan tepuk tangan kepada wasit berusia 42 tahun tersebut. Tak hanya dari Stadion, aksi Clattenburg juga banyak mendapat tanggapan positif dari warganet di dunia maya. "Mr @clattenburg1975, Apa yang Anda lakukan hari ini dalam permainan Fayha vs Fateh sangat bagus, ini menunjukkan bahwa Anda sangat hormat dan Anda memang pantas mendapatkan posisi Anda, semoga sukses untuk Anda." tulis akun twitter @saudj99.

Sumber: Indosport.com," tulis channel YouTube Cordova Media.

 

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=wLclnQ9SZ98

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 diskors saat azan berkumandang ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut bukan pertandingan Piala Dunia Qatar 2022.

Video itu adalah pertandingan klub sepak bola Al Feiha melawan Al Fateh di Stadion King Salman, Al Majma'ah, Arab Saudi pada 24 Januari 2018.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.