Sukses

Cek Fakta: Hoaks FIFA Bagikan Kuota Internet 50GB Gratis untuk Nonton Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang federasi sepak bola dunia (FIFA) memberikan kuota internet 50 GB gratis untuk menonton pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 beredar di media sosial.

Kabar tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp sejak 16 November 2022.

Dalam pesan berantai itu disebutkan bahwa FIFA memberikan kuota internet sebesar 50 GB gratis. Untuk mendapatkan hadiah itu, penerima pesan diminta membuka sebuah tautan.

"* FIFA memberi orang-orang di seluruh dunia data 50GB secara gratis untuk menonton Piala Dunia Kartel 2022.*

* Saya Telah Menerima Milik Saya.* * BUKA INI*

https://eco-subsidy.top/datafifa/Hourrow9vb8pf3MuUFUoUm?1668578830514," demikian isi dari pesan berantai tersebut.

Benarkah FIFA membagikan kuota internet 50 GB gratis untuk menonton Piala Dunia Qatar 2022? Berikut penelusurannya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com informasi FIFA membagikan kuota internet 50 GB gratis untuk menonton Piala Dunia Qatar 2022. Penelusuran dilakukan dengan mengecek informasi tersebut ke situs dan akun Instagram resmi yang dikelola FIFA.

Namun, tidak ada informasi bagi-bagi kuota internet 50 GB gratis untuk menonton Piala Dunia Qatar 2022 dari situs dan akun Instagram resmi FIFA.

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kata kunci "fifa distributes free internet quota" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "These websites offering 50 GB free data plans amid the FIFA World Cup 2022 are fraudulent" yang dimuat situs factly.in pada 23 November 2022.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa bagi-bagi kuota internet 50 GB dari FIFA merupakan modus penipuan.

Tautan yang ada dalam pesan berantai itu bukan situs resmi yang dikelola FIFA. Pada situs tersebut, pengguna diminta memberikan detail nomor ponsel untuk memeriksa apakah nomor ponsel yang diberikan memenuhi syarat untuk penawaran tersebut.

Selanjutnya, setelah memberikan detail nomor ponsel, itu dialihkan ke halaman yang meminta pengguna untuk membagikan tautan pendaftaran. Situs web ini tidak menyediakan paket data gratis bagi siapapun.

 

Referensi:

https://factly.in/these-dubious-websites-alluring-50-gb-free-data-plans-amid-the-fifa-world-cup-2022-are-fraudulent/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi FIFA membagikan kuota internet 50 GB gratis untuk menonton Piala Dunia Qatar 2022 ternyata hoaks dan diduga modus penipuan. Kabar palsu tersebut juga beredar di negara lain.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.