Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Goodie Bag Piala Dunia Qatar 2022 Berisi Sajadah dan Booklet Pengenalan Islam

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang goodie bag Piala Dunia Qatar 2022 berisi sajadah dan booklet pengenalan Islam dengan 10 bahasa beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 21 November 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto goodie bag Piala Dunia Qatar 2022 yang terdapat pada tiap kursi penonton di stadion. Akun Facebook itu mengklaim isi dari goodie bag tersebut adalah sajadah, parfum, dan booklet pengenalan Islam dengan 10 bahasa.

"Sisi lain pildun Qatar

Setiap penonton mendapatkan bingkisan godybag berisi:

1- Sajadah

2- Parfum

3- Booklet pengenalan islam dg 10 bahasa

Keren....

World Cup berkelas

Selamat dunia akhirat

Bravo Qatar," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 550 kali dibagikan dan mendapa 123 komentar dari warganet.

Benarkah goodie bag Piala Dunia Qatar 2022 berisi sajadah dan booklet pengenalan Islam dengan 10 bahasa? Berikut penelusurannya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim goodie bag Piala Dunia Qatar 2022 berisi sajadah dan booklet pengenalan Islam dengan 10 bahasa. Penelusuran dilakukan memasukkan kata kunci "goodie bag piala dunia 2022" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai isi dari goodie bagi Piala Dunia Qatar 2022.

Satu di antaranya artikel berjudul "David Gadgetin Unboxing Goodie Bag Piala Dunia 2022 Qatar, Isinya Apa Aja?" yang dimuat situs liputan6.com pada 22 November 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara pembukaan ajang bergengsi Sepak Bola di Piala Dunia 2022 Qatar masih menjadi topik hangat di kalangan masyarakat.

Resmi dibuka pada hari Minggu, (20/11/22) malam waktu setempat, upacara pembukaan ini berhasil membuat riuh para penonton yang hadir langsung di stadion.

Bahkan sederet selebriti dan konten kreator Indonesia tertangkap hadir pada upacara dan laga pembuka pertandingan tersebut.

Salah satunya adalah David Brendi dari saluran Youtube GadgetIn. Melalui video unggahannya, David membagikan aktivitas dirinya saat berada di stadion Al Bayt, Doha, Qatar.

Sebelum memasuki stadion untuk melihat jalannya pertunjukkan, David kerap membagikan momen dirinya berbelanja merchandise resmi dari FIFA World Cup Qatar 2022.

Ia kedapatan membeli 3 buah magnet dan juga gantungan kunci yang dibanderol dengan rentang harga Rp. 130 ribu hingga Rp. 215 ribu per satuan.

Tak hanya membeli gentungan dan magnet, David juga terlihat membeli aksesoris penutup kepala bergambar maskot Piala Dunia Qatar, La’eeb, dengan harga Rp. 440 ribu.

Usai menonton acara pembuka dan laga pertama Piala Dunia Qatar, David juga membongkar isi goodie bag yang ia dapatkan ketika menonton di stadion Al Bayt.

Hadiah pertama yang ia dapatkan dari goodie bag tersebut adalah sebuah baju bercorak garis merah dengan sebuah tanda tangan di bagian kiri atas.

Selain mendapatkan sebuah kaus bertanda tangan, David juga memperlihatkan hadiah lainnya yang ada dalam goodie bag tersebut.

Ia juga mendapatkan sebuah gantungan yang berbentuk trofi mini yang menjadi lambang Piala Dunia 2022 Qatar dan juga sebuah bantalan yang menggambarkan maskot resmi Qatar yang bernama La’eeb.

Bahkan ketika dirinya berbelanja di toko aksesoris sebelum memasuki stadion, ia juga bercerita kalau ada sebuah mini replika trofi FIFA World Cup yang dibanderol dengan harga Rp. 800 ribu.

Terbaru, David juga membagikan kalau dalam goodie bag tersebut ia juga mendapatkan sebuah gelang dan parfum berukuran kecil.

"Semua penonton yang datang ke stadion sih tadi saya lihat ditaruh goodie bag gitu di masing-masing kursi mereka," ujar David sembari melanjutkan kegiatan unboxing isi hadiah yang ia dapatkan.

Hadiah terakhir yang ada dalam goodie bag tersebut adalah Selimut. David juga membagikan ceritanya bahwa selama ia dan editor sedang menonton pertandingan, mereka mengenakan selimut yang diberikan oleh pihak penyelenggara dalam goodie bag.

"Tadi selimut ini sempat kita pakai di dalam stadion karena dingin. Soalnya kan stadionnya ada AC nya ya," ujar konten kreator gadget tersebut dalam video unggahannya, Senin, (21/11/22).

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi goodie bag Piala Dunia Qatar 2022 berisi sajadah dan booklet pengenalan Islam dengan 10 bahasa ternyata tidak benar. Faktanya, isi dari goodie bagi Piala Dunia Qatar 2022 yaitu kaos, pajangan logo Piala Dunia 2022, pin, boneka maskot Piala Dunia 2022, parfum, gelang, dan selimut.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS