Sukses

Hacker Curi Data 49 Juta Pengguna Dell dan Jual di Breach Forums!

Data pribadi 49 juta pengguna Dell bocor dan dijual di forum hacker. Dell telah mengirim email pemberitahuan kepada pelanggan. Waspada email penipuan yang mengatasnamakan Dell!

Liputan6.com, Jakarta - Dell baru-baru ini mengakui telah menjadi korban peretasan, dan mengatakan 49 juta data penggunanya dicuri dan dijual oleh hacker.

Karena itu, Dell mulai mengirimkan email berisikan pemberitahuan kebocoran data ke seluruh pelanggan mereka.

Perusahaan menyebutkan, hacker telah berhasil menjebol portal Dell dan mencuri informasi pelanggan berisikan pembelian dan lainnya.

"Kami sedang menyelidiki insiden melibatkan portal Dell, berisi database dengan jenis pelanggan terkait pembelian dari Dell," tulis perusahaan dalam keterangannya via BleepingComputer, Sabtu (11/5/2024).

Meski begitu, perusahaan mengklaim tidak ada risiko signifikan terhadap pelanggan mengingat jenis informasi terlibat," kata Dell.

Perusahaan menyatakan, pelaku kejahatan siber tersebut berhasil mengakses dan mencuri database berisikan nama, alamat, dan informasi pemesanan perangkat Dell--termasuk tag servis, deskripsi item, tanggal pemesanan, dan informasi garansi.

Dell menekankan, hacker tersebut sama sekali tidak mencuri informasi keuangan atau pembayaran, email, atau nomor telepon pelanggan.

Hingga kini, perusahaan sudah bekerja sama dengan penegak hukum dan perusahan forensik pihak ketiga untuk menyelidiki insiden kebocoran data itu.

Selang beberapa waktu kabar peretesan ini mencuat di pemberitaan, Daily Dark Web melaporkan, ada hacker dengan akun Menelik ingin menjual database milik Dell di Breach Forums pada 28 April 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hacker Klaim Mencuri Data 49 Juta Pelanggan Dell

Ilustrasi hacker. Clint Patterson/Unsplash

Hacker tersebut mengklaim, dia mencuri data dari produsen komputer tersebut berisikan "49 juta data pelanggan dan pembelian perangkat dari Dell antara 2017 hingga 2024."

Namun, beberapa saat kemudian postingan di Breach Forums itu telah dihapus dengan dugaan pelaku kejahatan siber lainnya telah membeli database tersebut.

Karena sudah hilang dari forum, ada kemungkinan besar pelaku lain berusaha memonetisasi database tersebut dengan berbagai cara tertentu.

Ada baiknya untuk selalu waspada terhadap email mencurigakan yang mengaku-aku sebagai Dell, dan meminta Anda menginstal software tak dikenal, mengubah password, atau lainnya.

3 dari 4 halaman

Dell Luncurkan Monitor 5K 40 Inci

<p>Dell Luncurkan Monitor 5K 40 Inci dengan Fitur Canggih untuk Kenyamanan Mata Pengguna. (Doc: Dell)</p>

Di sisi lain, Dell baru saja mengumumkan layar monitor teranyar yang memenangkan penghargaan CES 2024 Innovation Award Honoree.

Bernama Dell UltraSharp 40 Curved Thunderbolt Hub Monitor (U4025QW), ini adalah layar monitor 5K berukuran 40-inci pertama bersertifikat bintang lima untuk kenyamanan mata.

Dell menggadang-gadang sangat cocok bagi Anda yang bekerja sebagai pembuat konten, data scientist, insinyur, atau siapa saja membutuhkan monitor berkualitas tinggi.

Dengan monitor ini, Anda bisa menikmati gambar dan warna sangat tajam dan jernih dengan resolusi 5K (5120x2160).

Monitor ini juga memiliki color space 99 persen DCI-P3/Display P3 untuk menjamin akurasi warna sempurna, sebagaimana tertulis di keterangan resmi Dell, Selasa (23/1/2024).

Dell mengatakan, konsumen juga bisa mengkalibrasi warna pada layar Dell U4025QW dengan mudah menggunakan perangkat lunak Dell Color Management.

Selain itu, Dell UltraSharp 40 Curved Thunderbolt Hub Monitor ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang membuat mata Anda lebih nyaman menatap layar monitor Dell lebih lama.

4 dari 4 halaman

Fitur di Dell UltraSharp 40 Curved Thunderbolt Hub Monitor:

<p>Dell Luncurkan Monitor 5K 40 Inci. (Doc: Dell)</p>

  • Refresh rate 120Hz

Dengan refresh rate 0-120Hz ini, gerakan visual di layar pun akan terlihat lebih halus dan tajam bagi mata.

  • Sensor ambient light

Dell juga menyertakan fitur sensor ambient light, sehingga layar monitor ini dapat menyesuaikan kecerahan layar dan temperatur warna secara otomatis sesuai kondisi cahaya di sekitar Anda.

Studi terbaru menunjukkan fitur ini bisa mengurangi gejala mata lelah hingga 17 persen.

  • Dell ComfortView Plus

Perusahaan berbasis di Texas ini juga mengklaim dapat mengurangi paparan sinar biru berbahaya dari 50 persen menjadi kurang dari 35 persen dengan lampu latar LED lebih canggih. Riset menunjukkan fitur di monitor baru Dell ini bisa mengurangi gejala mata lelah hingga 8 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.