Sukses

Simak Kumpulan Hoaks Seputar Pandemi Covid-19

Berikut kumpulan hoaks seputar pandemi

Liputan6.com, Jakarta- Informasi seputar pandemi Covid-19 beredar di media sosial, kondisi ini menimbulkan keresahan dan bisa menyesatkan pihak yang mudah percaya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri informasi seputar pandemi Covid-19, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar pandemi:

1. Foto Bukti Indonesia Sudah Bebas dari Covid-19

Penelusuran klaim foto bukti Indonesia sudah terbebas dari Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto bukti Indonesia sudah terbebas dari Covid-19, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 1 Januari 2022.

Klaim foto bukti Indonesia sudah terbebas dari Covid-19 menampilkan rangkaian foto yang menampilkan Jokowi sedang berkumpul dengan sejumlah orang dengan ornamen Tionghoa tanpa menggunakan masker.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"acara seperti ini gak ada itu yang namanya omicron, omicran atau omicrun...

yang ada para bedebah Penghianat NKRI

 

Dia memang tidak saja budah oligarki dan petugas partai....

tapi juga dia lebih kejam dari firaun"

Unggahan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Ini bukti kalo indonesia sdh bebas coped😃"

Benarkah klaim foto bukti Indonesia sudah terbebas dari Covid-19? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

2. Uang Kertas Venezuela Tak Bernilai Dalam Video Ini karena Pandemi

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati kalim video uang kertas Venezuela tidak bernilai karena pandemi. Video tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 4 Januari 2022.

Klaim video uang kertas Venezuela tidak bernilai karena pandemi yang diunggah menampilkan seorang anak yang sedang bermain ditumpukan potongan kertas menyerupai uang dan pria dewasa sedang ngeluarkan potongan uang dari sebuah benda berbentuk kotak.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"Sebuah truk di Venezuela mengangkut tumpukan uang kertas, uang kertas tersebut sudah tidak bernilai, sehingga diperlakukan layaknya sampah, saking banyaknya uang tersebut terlihat seorang anak menjadikan taman bermain seperti sedang mandi bola".

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Sebentar lg nasib semua uang kertas akan sama dg yg terjadi di Venezuela. Agenda perang Plandemi ini salah satu tujuannya adalah mengganti uang kertas dengan uang digital. Sebagaimana dulu mereka menciptakan banyak perang untuk mengganti uang emas-perak nenek moyang kita dengan uang kertas.😊"

Benarkah kalim video uang kertas Venezuela tidak bernilai karena pandemi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

3. Jokowi Tanpa Prokes Ini Membuktikan Covid-19 Hilang saat Imlek

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi mencontohkan Covid-19 hilang saat Imlek

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) protokol kesehatan (prokes) mencontohkan Covid-19 hilang saat Imlek. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 Februari 2021.

Klaim foto Jokowi tanpa prokes membuktikan Covid-19 hilang saat Imlek, menampilkan Jokowi sedang berkumpul dengan sejumlah orang di dalam ruangan dengan ornamen Tionghoa.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"VIRUS CORONA TIBA2 HILANG & LENYAP di HARI RAYA IMLEK.

HADIR & BERKERUMUN TANPA PROKES sdh diCONTOHkan oleh Jokowi

VIRUS CORONA NTAR AKAN DIMUNCULKAN LAGI pada BULAN PUASA RAMADHAN MENDEKATI HARI RAYA IDUL FITRI"

Benarkah Klaim foto Jokowi mencontohkan Covid-19 hilang saat Imlek? Simak  hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

4. Inggris Jadi Negara Pertama Tetapkan Covid-19 Sebagai Endemi

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Inggris menjadi negara pertama di dunia yang mengumumkan covid-19 sebagai endemi. Postingan ini beredar sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 21 Januari 2022.

Dalam postingannya terdapat narasi: "Pertama kali Inggris satu2nya negara yang menyatakan covid-19 bukan lagi pandemi tapi Endemi."

Beberapa akun lain juga memposting hal yang sama dengan narasi mirip. Seperti "Inggris sdh di umumkan cabut setatus pandemi menjadi endemi..bahagianya gk kebayang rakyat di sana. di sini mlh di bikin drama"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Inggris menjadi negara pertama di dunia yang mengumumkan covid-19 sebagai endemi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.