Sukses

Simak Foto Hoaks Terbaru, dari Kim Jong-un sampai Jemaah Haji

Liputan6.com, Jakarta- Foto hoaks terus beredar di media sosial, kondisi ini harus diwaspadai sebab tampilannya sulit dibedakan antara yang asli dan palsu. Namun, Cek Fakta Liputan6.com telah membuktikan sejumlah hoaks berbentuk foto setelah melakukan penelusuran. 

Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan Cek Fakta Liputan6.com, foto hoaks biasanya telah mengalami editan atau diberi keterangan yang tidak sesuai fakta.

Berikut foto hoaks terbaru hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Foto Ini Kim Jong-un Pakai Kemeja "Bersih, Merakyat, Kerja Nyata"

 

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Kim Jong-un Pakai Kemeja Bertuliskan

Sebuah foto yang diklaim pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memakai kemeja bertuliskan "bersih, merakyat, kerja nyata" beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Badal Gholath pada 7 Juni 2021.

Dalam foto tersebut, Kim Jong-un tampak memakai kemeja berwarna putih bertuliskan "bersih, merakyat, kerja nyata" yang merupakan slogan kampanye Jokowi saat Pilpres 2019 lalu. Ia terlihat berbincang dengan dua pria di sebuah kebun.

"Muka Kim Jong Woon, Baju Kim Jong Os...

Ah udahlah, BUKAN URUSAN SAYA, Urusan gue ntuh teriak supaye Dunia tau kalo Penguasa +62 ntuh RAKUS...

Yuk teriak dengan TAGAR 👇

#KembalikanDanaHaji

#MenagUnfaedah

#PecatMenag," tulis akun Facebook Badal Gholath.

Konten yang disebarkan akun Facebook Badal Gholath telah 6 kali dibagikan dan mendapat 83 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Kim Jong-un memakai kemeja bertuliskan bersih, merakyat, kerja nyata? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim Kim Jong Un memakai kemeja bertuliskan "bersih, merakyat, dan kerja nyata" ternyata tidak benar. Faktanya, gambar yang disebarkan akun Facebook Badal Gholath merupakan hasil rekayasa digital atau editan.

 

2. Foto Pria 91 Tahun dan Istrinya yang Gagal Ibadah Haji

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto pria 91 tahun dan istri gagal ibadah haji

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim pria 91 tahun dan istrik gagal ibadah haji. Foto tersebut diunggah akun Facebook Arifin Dwi Cahyono, pada 8 Juni 2021.

Foto pria 91 tahun dan istri gagal ibadah haji menampilkan sorang lelaki dan perempuan yang telihat sudah lanjut usia sedang menunjukan KTP.

Dalam foto tersebut terdapat keterangan sebagai berikut:

"Kisah haru

Pria 91 thn menabung selama 30 thn agar bisa berhaji dengan istri...

Akhirnya cuma bisa menangis karena gagal haji"

Benarkah klaim foto pria 91 tahun dan istri gagal ibadah haji? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto pria 91 tahun dan istri gagal ibadah haji tidak benar.

Dua orang lansia dalam foto tersebut justru telah menunaikan ibadah haji pada 2018. 

 

3. Foto Pendiri Facebook Mark Zuckerberg Pamer Tulisan "I Stand With Israel"

 

 

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Mark Zuckerberg memamerkan tulisan

 Sebuah foto yang diklaim pendiri Facebook Mark Zuckerberg memamerkan tulisan "I stand with ISRAEL" beredar di media sosial. Foto tersebut salah satunya disebarkan akun Facebook Jurnalisia Online pada 19 Mei 2021.

Dalam foto tersebut, Mark Zuckerberg terlihat memakai kaos berwarna abu-abu sambil memegang sebuah kertas bertuliskan "I stand with ISRAEL".

"Mark Zuckerberg Pro Israel, Ada Yang Tak Mau Gunakan Facebook Lagi ?" tulis akun Facebook Jurnalisia Online.

Benarkah dalam foto tersebut pendiri Facebook Mark Zuckerberg memamerkan tulisan "I stand with ISRAEL"? Berikut rangkumannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim pendiri Facebook Mark Zuckerberg memamerkan tulisan "I stand with ISRAEL" ternyata tidak benar.

Faktanya, dalam gambar itu Mark Zuckerberg memegang catatan bertuliskan "TERIMA KASIH!" bukan "I stand with ISRAEL".

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut