Sukses

Kumpulan Foto Hoaks Terbaru, dari Anies hingga Bayi Penumpang Sriwijaya Air SJ 182 Selamat

Liputan6.com, Jakarta- Foto merupakan salah satu media yang kerap digunakan untuk menyampaikan informasi hoaks. Biasanya, foto yang dijadikan bahan informasi hoaks disajikan dengan keterangan yang tidak sesuai fakta sebenarnya atau telah mengalamai editan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah foto hoaks yang beredar di dunia maya dan nyata. Foto tersebut pun beragam, dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membaca koran dalam banjir hingga bayi selamat dari Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Berikut foto hoaks terbaru hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Foto Anies Baswedan Membaca Koran di Dalam Banjir

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto Anies Baswedan membaca koran dalam banjir

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Gubernur Anies Baswedan sedang membaca koran di dalam banjir.

Foto Anies Baswedan membaca koran dalam banjir diunggah akun Facebook Rusdie Zie Lyon, pada 15 Januari 2021.

Foto yang diiunggah menampilkan Anies Baswedan mengenakan syal bendera Palestina sedang membaca koran Republika dengan berita utama berjudul "KAMI SEDANG KEBANJIRAN" di dalam air, dengan latarbelakang sejumlah orang yang terendam air setinggi dada orang dewasa.

Benarkah Anies Baswedan membaca koran dalam banjir? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Anies Baswedan membaca koran dalam banjir tidak benar.

Foto tersebut merupakan hasil editan yang menyatukan dua foto yang berbeda.

 

2. Foto Fadli Zon Pakai Kaus Bertuliskan Jubir FPI

 

 

Gambar Tangkapan Layar Foto Fadli Zon Kenakan Kaus JUBIR FPI (sumber: Facebook)

Sebuah foto politikus Partai Gerindra, Fadli Zon mengenakan kaus bertuliskan JUBIR FPI beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Katsumaro Kawasaki pada 13 Desember 2020.

Dalam foto yang diunggah akun Facebook Katsumaro Kawasaki, tampak Fadli Zon tengah berpose sambi mengepalkan tangan.

Anggota Komisi I DPR itu terlihat mengenakan kaus berwarna hitam. Terdapat tulisan JUBIR FPI di kaus yang dikenakan Fadli Zon.

Konten yang disebarkan akun Facebook Katsumaro Kawasaki telah 9 kali dibagikan warganet.

Benarkah foto Fadli Zon mengenakan kaus berwarna hitam bertuliskan JUBIR FPI? Berikut penelusurannya.

Foto politikus Partai Gerindra, Fadli Zon mengenakan kaus berwarna hitam bertuliskan JUBIR FPI ternyata tidak benar.

Faktanya kaus dalam foto tersebut bertuliskan JUBIR RAKYAT. Gambar yang diunggah akun Facebook Katsumaro Kawasaki telah disunting dan masuk kategori palsu.

 

3. Foto Kondisi Katak setelah Divaksin

 

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kondisi katak setelah divaksin

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto kondisi katak setelah divaksin.

Foto kondisi katak setelah divaksin diunggah akun Facebook Must Peroeck, pada 10 Januari 2021.

Foto yang diunggah menampikan sejumlah katak yang sedang dijajarkan terlentang. Kemudian foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"kondisi cebong setelah divaksin.....kasihan bong"

Benarkah klaim foto kondisi katak setelah divaksin? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto klaim foto kondisi katak setelah divaksin tidak benar. 

Foto tersebut telah beredar dua tahun sebelum vaksin mulai diperbincangkan.

 

4. Foto Bayi Korban Selamat Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

 

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Bayi Korban Selamat dari Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 (sumber: Facebook)

Sebuah foto bayi yang diklaim korban selamat dari jatuhya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 beredar di media sosial. Foto tersebut viral lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp pada Minggu 10 Januari 2021.

Dalam foto tersebut, tampak seorang bayi tampak menangis sambil mengenakan rompi pelampung. Bayi tersebut dikelilingi sejumlah orang.

Terdapat sebuah narasi berisi klaim bahwa bayi tersebut merupakan korban selamat dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 185.

"BASARNAS, SAR,DAN Team gabungan Angkatan Laut Berhasil mengevakuasi bayi salah satu korban dari Sriwijaya Air sj 182. Atas kuasa Allah swt masih selamat dan terombang ambing selama 24 jam di lautan," demikian narasi dalam gambar tersebut.

Benarkah foto bayi tersebut merupakan korban selamat dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto bayi yang diklaim korban selamat dari jatuhya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 ternyata tidak benar. Faktanya, foto bayi tersebut sempat viral pada 2018 lalu dan dikaitkan dengan insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Ternyata, foto bayi itu merupakan evakuasi korban selamat dari tenggelamnya kapal KM Lestari Maju.

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut