Sukses

Lawan Hoaks, Inggris Gelar Program Vaksinasi Covid-19 di Masjid

Liputan6.com, Jakarta - Inggris melakukan pendekatan untuk agar program vaksinasi covid-19 berjalan lancar. Selain mengadakan program vaksinasi di layanan kesehatan masyarakat, mereka juga menggelar program ini di masjid-masijd.

Salah satu yang menjadi tempat vaksinasi covid-19 adalah Masjid Al-Abbas di kota Birmingham. Sedikitnya dua ribu orang akan disuntik vaksin covid-19 di aula serbaguna masjid tersebut.

Nuru Mohammed, imam Masjid Al-Abbas menyambut gembira program vaksinasi ini. Apalagi di Inggris sempat beredar hoaks soal vaksin covid-19 mengandung bahan haram.

"Program vaksinasi covid-19 di sini akan memberikan pesan kuat pada pemeluk muslim tak hanya di Birmingham, tetapi juga seluruh Inggris. Kami adalah masjid pertama yang membuka pintu untuk pelaksanaan vaksinasi dan ini pesan yang positif," ujar Nuru seperti dilansir PA News Agency.

"Seperti Anda tahu hoaks menyebar luar biasa selama pandemi dan kita harus melawannya. Hoaks tidak akan pernah menang dan vaksin merupakan langkah ke depan untuk mengakhiri pandemi," ujarnya menambahkan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Harus Bersatu

Menariknya, Nuru sendiri sudah divaksinasi sejak pekan lalu. Pasalnya ia mendapat prioritas karena merawat orang tua dan tidak mampu selama ini.

"Saya langsung memberitahunya melalui akun media sosial saat mendapat suntikan pertama. Saya hanya ingin semua orang melakukan hal yang sama," ujarnya.

"Islam mengajarkan kita pentingnya menegakkan kesucian dan kesehatan. Jika kita memainkan peran kita maka kita akan menang melawan virus corona covid-19."

3 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: