Sukses

Cek Fakta: Viral Video Bandung Malam Ini Berapi, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang menggambarkan kerusuhan beredar di media sosial. Video itu diklaim terjadi di Bandung, Jawa Barat pada malam ini.

Video tersebut disebarkan akun Facebook Herman Rajo Diateh pada 7 Oktober 2020. Video berdurasi 31 detik itu, merekam suasana kerusuhan pada malam hari.

Video itu direkam dari atas sebuah bangunan tinggi. Tampak terjadi kebakaran dan asap hitam pekat muncul dari lokasi. Jalanan di dalam video tersebut juga terlihat dipenuhi orang. Terdengar juga suara letupan senjata.

Akun Facebook Herman Rajo Diateh kemudian mengklaim bahwa video tersebut merupakan peristiwa di Bandung, Jawa Barat.

"Bandung malam ini berapi.......," tulis akun Facebook Herman Rajo Diateh.

Konten yang disebarkan akun Facebook Herman Rajo Diateh telah 1.600 kali dibagikan dan mendapat 486 komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim Bandung malam ini berapi. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat video serupa yang diunggah akun Facebook Kabar Jakarta pada 24 September 2019. Akun Facebook Kabar Jakarta memberikan keterangan sebagai berikut dalam video berdurasi 31 detik itu:

Gambar Tangkapan Layar Video dari Akun Facebook Kabar Jakarta

"Mahasiswa malam ini masih bertahan di sekitar Senayan dan bentrok dengan polisi...," tulis akun Facebook Kabar Jakarta.

Selain itu, terdapat juga artikel yang memuat gambar tangkapan layar dari video tersebut. Adalah artikel berjudul "BEM Trisakti: Massa Rusuh Sekitar DPR Bukan Mahasiswa" yang dimuat situs portal-islam.id pada 25 September 2019 silam.

Kerusuhan seusai demonstrasi mahasiswa di luar Gedung DPR terjadi malam ini. Mahasiswa Trisakti menegaskan massa yang rusuh itu bukanlah mahasiswa.

"Bisa saya pastikan ini bukan dilakukan oleh mahasiswa," kata Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti Dheatantra Dimas kepada wartawan, Selasa (24/9/2019) malam.

Dimas menjelaskan, aksi demonstrasi sepanjang hari ini bukan hanya dilancarkan mahasiswa. Ada elemen lain yang ikut serta. Namun, berkaca dari demonstrasi Senin (23/9) kemarin, mahasiswa mampu menahan diri dari aksi rusuh.

"Saya yakin sejatinya mahasiswa tidak membuat rusuh," kata Dimas.

Gas air mata ditembakkan polisi, massa melempari polisi dengan batu. Pos polisi dibakar. Api menyala di flyover Slipi. Hingga menjelang pergantian hari ini, kerusuhan masih berlangsung.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video berisi suasana kerusuhan yang diklaim Bandung malam ini berapi ternyata tidak benar. Video tersebut merupakan rekaman kerusuhan di sekitar gedung DPR, Senayan, Jakarta seusai demonstrasi mahasiswa menolak RUU KUHP dan Revisi UU KPK pada September 2019 silam.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.