Sukses

Cek Fakta: Hoaks Ujaran Ma'ruf Amin Sebut Jokowi Jago Tipu Rakyat

Tim menemukan tiga akun yang menyebut Ma'ruf Amin mengatakan Jokowi jago menipu rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Di media sosial Facebook beredar ujaran Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat jago menipu rakyatnya sendiri.

Tim menemukan tiga akun yang menyebut Ma'ruf Amin mengatakan Jokowi jago menipu rakyat. Tiga akun itu adalah Amel Liya, Hariz Azhar, dan Itje Rieke.

Begini narasi yang ada di foto dengan latar belakang Ma'ruf Amin:

"KALO URUSAN NIPU RAKYAT

JOKOWI AKHLINYA

SAYA JUGA DIAJARINYA

SKARANG SUDAH LANCAR"

Disebutkan pula kalau foto itu milik kantor berita Antara.

Lalu, benarkah ada ucapan Ma'ruf Amin yang menyebut Jokowi ahli menipu rakyat? Simak ulasannya di halaman berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran informasi tersebut. Tim memasukkan foto yang ramai diunggah di Facebook tersebut ke dalam situs pencari, Google Images.

 

Hasilnya, tidak ditemukan kalau ada ucapan Ma'ruf Amin yang mengatakan Jokowi jago menipu rakyat. Namun, tim menemukan foto yang sama. Rupanya foto itu milik CNN Indonesia, bukan kantor berita Antara.

 

Foto itu diambil oleh Christie Stefani, juru foto CNN Indonesia. Foto itu ada dalam artikel yang tayang pada 15 November 2017, saat Ma'ruf Amin masih menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Ketua MUI Ma'ruf Amin menilai putusan MK tentang pengisian penganut kepercayaan tak menimbang kesepakatan politik yang telah ada," begitu bunyi caption untuk foto Ma'ruf Amin yang ada di CNN Indonesia.

Tim juga menemukan artikel dari Turnbackhoax.id. Foto yang menyebut Ma'ruf Amin mengatakan Jokowi jago menipu rakyat sudah ramai di media sosial sejak awal tahun 2020. Pada 18 Februari 2020, Turnbackhoax.id sudah membuat artikel bantahannya.

Di situs Turnbackhoax.id juga tidak menemukan ujaran Ma'ruf Amin yang mengatakan Jokowi jago menipu rakyat.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Ujaran Ma'ruf Amin mengatakan Jokowi jago menipu rakyat adalah false, informasi yang tidak berdasarkan dengan data. Foto Ma'ruf Amin yang dijadikan informasi hoaks juga diketahui milik CNN Indonesia, bukan kantor berita Antara.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.