Sukses

Cek Fakta: Seekor Kucing Kepalanya Ditusuk karena Mencuri Ikan? Ini Faktanya

Viral, seekor kucing kepalanya ditusuk karena mencuri ikan. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang seekor kucing yang ditusuk kepalanya karena mencuri sepotong ikan beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan situs welcomehowto2.blogspot.com dengan judul artikel "Kisah Sedih, Kucing Yang Ditusuk Kepalayanya Karena Mencuri Sepotong Ikan".

Situs ini juga mengunggah gambar seekor kucing yang terluka di bagian kepala. Kucing berwarna oranye itu tampak benda tajam di bagian kepalanya.

Berikut narasinya: 

Kucing merupakan binatang yang lucu dan menggemaskan. Meskipun terkadang bertingkah nakal, tapi hampir tidak ada orang yang tidak merasa sayang pada hewan yang satu ini. Bahkan banyak orang yang sampai rela memelihara begitu banyak kucing karena kecintaannya yang begitu besar.

Banyak kisah tentang kucing yang berhasil menjadi sahabat terbaik manusia. Bahkan, tak jarang beberapa kucing kesayangan mendapatkan fasilitas hidup yang mewah dari tuannya. Dari mulai makanan, tempat tinggal, sampai masalah kesehatan yang semuanya terjamin.

Sebaliknya, tidak sedikit juga kucing-kucing yang harus menerima perlakukan semena-mena. Seperti kisah kucing ini yang begitu menyentuh hati. Kisah seekor kucing yang diberi nama Hero ini bukanlah kisah yang baru, tapi apa yang dialami kucing ini pantas untuk selalu dikenang.

Setelah kepala nya di tusuk, Hero dibuang ke selokan.

Hero merupakan seekor kucing liar yang bernasib malang. Hanya karena mencuri ikan di sebuah restoran, kedua kaki depan kucing ini dipotong.

Setelah kepala nya di tusuk, Hero dibuang ke selokan

Hero merupakan kucing liar yang bernasib malang. Hanya karena mencuri ikan di sebuah restoran, kedua kaki depan kucing dipotong.

Selepas setelah kepala nya di tusuk, ia dibuang di selokan dan dibiarkan begitu saja. Hero dibiarkan menderita kesakitan di tepi kaki lima. Kita boleh bayangkan betapa menderita dan sakitnya kucing itu. Beruntung, kucing ini bertemu dengan seorang penyelamat hidupnya.

Pria inilah yang memberinya nama Hero. Ia merawat Hero dan menjadikan sebagai hewan peliharaannya. Kemudian, pria ini pun dikenal dengan sebutan Papa Hero. Setelah 6 tahun berlalu, Hero akhirnya pulih sepenuhnya. Kini kucing lucu ini telah meninggal karena sakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang kucing yang kepalanya ditusuk karena mencuri ikan. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar kucing yang kepalanya tertusuk itu ke google image. Hasilnya, ada sejumlah artikel yang menjelaskan mengenai gambar tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Cat Shot Through Head With Arrow" yang diunggah situs nbcchicago.com pada 2 September 2009.

Curiosity kills cats. Arrows through the head just scare them.

Just ask Brownie, a 4-year-old orange-and-white Indiana tabby who's recovering after being shot through the head with a 13-inch-long quilled projectile.

Nobody knows who shot the kitty -- luckily, x-rays show the arrow skimmed off her skull. The vet who de-shafted the feline said the projectile entered above its right eye and ripped through its muscles.

"It's horribly tragic and a miracle the cat is even alive and has such a great attitude still through all of that," said Sarah Hayes, CEO of the Monroe County Humane Association, to WISH TV-8.

Brownie, who has two large scars on opposite sides of her noggin, is expected to make a full recovery.

Hayes said authorities are looking for the culprits.

"You cannot, in this society, abuse animals like this and get away," she said. There's a $500 reward for info leading to an arrest.

Whoever injured Brownie can be charged with animal cruelty, which is a class B misdemeanor, authorities said.

Brownie's not alone in her predicament, though. Several cases involving animals shot by arrows have made the news recently.

Just yesterday in Alaska, authorities rescued a swan whose wing was pinned to its breast by an arrow that penetrated close to its spine.

In March, Authorities charged an Augusta, GA teen with shooting three farm animals with arrows. Just a year prior, an unknown bowman shot and killed a seven-year-old mastiff dog in Seattle.

Artikel tersebut menjelaskan bahwa kucing malang dalam gambar tersebut bernama Brownie. Kucing berwarna oranye itu terluka di kepalanya setelah ditembak dengan proyektil sepanjang 13 inci. Tidak ada yang tahu siapa pelaku penembakan Brownie.

Kucing itu kemudian selamat dan sembuh dari lukanya setelah dioperasi. Namun, artikel tersebut tidak menerangkan kapan dan di mana peristiwa tersebut terjadi.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Artikel yang disebarkan situs welcomehowto2.blogspot.com tentang kucing yang ditusuk karena mencuri sepotong ikan ternyata tidak benar.

Kucing malang itu juga bukan bernama Hero, tetapi Brownie. Luka di kepalanya karena ditembak oleh seseorang dengan proyektil sepanjang 13 inci.

Narasi yang disebarkan situs welcomehowto2.blogspot.com dengan judul artikel "Kisah Sedih, Kucing Yang Ditusuk Kepalayanya Karena Mencuri Sepotong Ikan" tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini