Sukses

Klub Bundesliga Terjun Bantu Sepak Bola Indonesia

Klub Bundesliga memberikan pelatihan kepada para pelatih sepak bola di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta- Meski tidak ikut bermain, pelatih memiliki peran sangat penting dalam permainan sepak bola. Untuk meningkatkan prestasi, tentu hal utama yang perlu ditingkatkan adalah kualitas pelatihnya. Melihat pentingnya pelatih, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menginisiasi Coaching Clinic pelatih di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Yang istimewa pelatihan ini melibatkan sumber daya manusia (SDM) dari tim liga utama salah satu liga terbaik dunia, Bundesliga, yakni Borussia Muenchengladbach. Dalam melakukan kegiatan yang digelar Hari Kamis tanggal 8 Desember 2022, KONI Pusat didukung oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), dan Asiana Soccer School.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman ini diikuti oleh sekitar 40 pelatih di Jabodetabek. Beberapa pelatih yang hadir dari Asprov DKI Jakarta, bersama Askot PSSI dari Jakarta Pusat, Timur, Selatan, Utara dan Barat, selain itu dari klub juga hadir seperti Nusa Agung Bhakti, Persija Muda, Jakarta City FC, Betawi FC, Trisakti FC, SSB Rajawali, Urakan FC, SSB Bunda Jakarta, SSB Dhelfils Bekasi dan lainnya.

Hadir juga pada Coaching Clinic itu Direktur Utama PT. Liga Indonesia Baru Ferry Paulus, Plt Asprov PSSI DKI Jakarta Yoyok Sukawi dan Pimpinan Asiana Soccer School Galih K. Dari Tim Borussia Academy Indonesia hadir Co-Founder Saraswati Desch bersama Kepala Sekolah Sepak Bola Internasional Borussia Mönchengladbach Wolfgang Heilmann beserta jajarannya.

Diharapkan kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Lukman Niode Kantor KONI Pusat dapat meningkatkan standar sepak bola Indonesia. “KONI Pusat selaku induk organisasi olahraga kita memberikan dukungan kepada anggotanya, salah satunya adalah PSSI. Kami menyadari bahwa sepak bola Indonesia itu akan maju apabila kita juga melakukan standarisasi pelatih. Oleh karena itu saya bersyukur Alhamdulillah pada pagi hari ini KONI Pusat dapat bekerja sama dengan Borussia Academy Indonesia,” ujar Ketum KONI Pusat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di Berbagai Daerah

Selain itu, Ketum KONI Pusat juga sudah berdiskusi untuk menggelar kegiatan serupa di beberapa daerah. “Pada tahun-tahun yang akan datang, kita juga memberi kesempatan Coaching Clinic untuk pelatih-pelatih kita di daerah-daerah yang memang unggul dalam pembinaan sepak bolanya, dan daerah-daerah yang memungkinkan kita mendapatkan atlet-atlet sepak bola terbaik,” sambung Marciano jelaskan program dukungan terhadap peningkatan standar pelatih akan terus berlanjut.

Borussia Academy Indonesia juga memiliki pandangan serupa yakni membuat sepak bola dapat dijangkau semua orang dimanapun. “Di Indonesia, sepak bola di sini kita membutuhkan banyak-banyak support,” kata Saras Desch ingin membawa Borussia membantu anak-anak Indonesia.

3 dari 3 halaman

Sejak Dini

Membina anak-anak Indonesia menjadi kunci menurut Wolfgang Heilmann. Baginya, meningkatkan kualitas sepak bola diperlukan sejak usia dini. Anak-anak harus senang bermain sepak bola dan perlahan tingkat pelatihannya ditambah.

Salah satu tim dari Borussia Academy, Philip Stegert bahkan memuji potensi Indonesia. Ia yang didampingi pelatih Damai Miracle sebutkan bahwa banyak bakat muda Indonesia. Hal yang perlu ditingkatkan dan penting untuk anak-anak Indonesia baginya adalah teknik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini