Sukses

Wayne Hennessey Jadi Kiper Ketiga yang Terima Kartu Merah Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Penjaga gawang Wales Wayne Hennessey mencatat sejarah tidak diinginkan. Dia jadi pemain pertama yang mendapatkan kartu merah di Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Penjaga gawang Wales Wayne Hennessey mencatat sejarah tidak diinginkan. Dia jadi pemain pertama yang mendapatkan kartu merah di Piala Dunia 2022.

Hennessey menggoreskan rekor itu setelah membuat pelanggaran horor pada laga Grup B Piala Dunia Qatar kontra Iran di Ahmad bin Ali Stadium, Jumat (25/11/2022).

Pertandingan babak pertama berjalan alot. Namun, tempo langsung meningkat saat pertandingan memasuki paruh kedua. Baik Iran dan Wales saling balas menyerang.

Hennessey memperlihatkan kualitasnya di bawah mistar setelah beberapa kali gagalkan peluang Iran. Termasuk tendangan Saedi Ezatolahi yang sukses ditepisnya.

Tapi, tak lama berselang kiper berusia 35 tahun itu malah membuat kesalahan fatal yang sangat memberikan dampak buruk pada Wales.

Hennessey berlari kencang keluar sarangnya berusaha untuk memotong bola serangan balik Iran yang mengarah ke Mehdi Taremi. Tapi upayanya gagal dan malah membuat pelanggaran keras.

Upaya Hennessey dinilai terlalu kasar karena seperti melepaskan tendangan kung-fu dan tidak mengarah sama sekali ke bola, tetapi menghantam tubuh Taremi.

Kiper Nottingham Forest itu awalnya hanya diberikan kartu kuning oleh wasit Mario Escobar, meski dihujani protes oleh pemain-pemain Iran.

Namun, keputusan itu akhirnya dianulir wasit setelah melakukan peninjauan ulang lewat Video Assistan Referee (VAR). Hennessey pun langsung diberikan kartu merah!

Ini adalah kartu merah pertama yang dikeluarkan selama Piala Dunia 2022 Qatar berlangsung sejak 18 November lalu. Dan pengusiran ini langsung berdampak buruk pada Wales.

Karena akhirnya Wales kebobolan dua gol pada akhir pertandingan.

Selain itu, Hennessey juga tergabung dalam kelompok pesakitan. Dia menjadi kiper ketiga yang menerima kartu merah sepanjang sejarah Piala Dunia

Dia mengikuti jejak Itumeleng Khune (Afrika Selatan vs Uruguay, 2010) dan Gianluca Pagliuca (Italia vs Norwegia, 1994).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wales vs Iran

Iran meraih kemenangan dramatis 2-0 atas Wales pada persaingan Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion Ahmad Bin Ali, Jumat (25/11/2022). Gol kemenangan tercipta pada menit ke-90+9 dan 90+11.

Kedua tim membutuhkan kemenangan menyusul hasil laga pertama. Wales ditahan Amerika Serikat 1-1 dengan Iran dipermalukan Inggris 2-6.

Wales mengambil inisiatif serangan lewat tendangan jarak jauh Neco Williams yang masih melambung. Iran tidak tinggal diam. Mereka beberapa kali merepotkan pertahanan Wales mengandalkan duet Mehdi Taremi dan Sardar Azmoun.

Peluang emas pertama hadir bagi Wales. Kieffer Moore menyambut umpan silang Connor Roberts. Sayang usahanya tepat menuju kiper Hossein Hosseini yang memblok bola.

Iran lagi-lagi merespon. Mereka bisa memasukkan bola lewat kerja sama Azmoun dan Ali Gholizadeh. Sayang sang pemain dalam posisi offside sehingga VAR menganulir.

Pasukan Carlos Queiroz tampil baik di sisa babak pertama. Sayang mereka urung mencetak gol. Skor masih 0-0.

3 dari 3 halaman

Babak Kedua

Iran tetap berbahaya selepas jeda. Tendangan Azmoun yang lolos jebakan offside masih mengenai tiang. Bola liar diambil Gholizadeh, yang kemudian melepas tendangan melengkung.

Sial bagi Iran, si kulit bundar kembali membentur tiang gawang. Azmoun lalu menanduk bola tepat ke pelukan kiper Wayne Hennessey.

Wales coba merespon. Moore jadi pemain andalan, dengan Gareth Bale belum menunjukkan kontribusi berarti.

Namun, Iran kembali mengancam. Tendanga Saeid Ezatolahi memaksa Hennessey bekerja.

Pada 10 menit akhir laga, bek Wales Ben Davies mencoba melalui tendangan jarak jauh. Tapi tendangannya bisa ditepis Hosseini. Iran lalu melancarkan serangan balik yang memaksa Hennessey melakukan pelanggaran terhadap Mehdi Taremi di luar kotak penalti.

Atas tekelnya ini, Hennessey semula hanya diganjar kartu kuning. Namun, wasit meralat dan akhirnya mengusir sang pemain setelah melihat tayang ulang kejadian.

Iran coba memanfaatkan keunggulan jumlah pemain di tengah sedikitnya waktu tersisa. Dengan laga memasuki injury time, Iran akhirnya unggul melalui tendangan jarak jauh Roozbeh Cheshmi.

Mereka menggandakan keunggulan dua menit berselang lewat serangan balik yang diselesaikan Ramin Rezaeian.

Iran selanjutnya bersua Amerika Serikat, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB. Sementara Wales menghadapi Inggris pada waktu bersamaan.

 

Susunan Pemain:

Wales (3-5-2): Wayne Hennessey; Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies; Connor Roberts (Daniel James 58), Aaron Ramsey (Danny Ward 88), Ethan Ampadu (Joe Allen 78), Harry Wilson (Brennan Johnson 58), Neco Williams; Gareth Bale, Kieffer Moore

Iran (4-4-2): Hossein Hosseini; Ramin Rezaeian, Morteza Puraliganji, Majid Hosseini, Milad Mohammadi; Ali Gholizadeh (Alireza Jahanbakhsh 77), Ahmad Nourollahi (Roozbeh Cheshmi 78), Saeid Ezatolahi (Ali Karimi 83), Ehsan Hajsafi (Mehdi Torabi 77); Sardar Azmoun (Karim Ansarifard 68), Mehdi Taremi

 

Lihat sukses Iran membungkam Wales di tautan berikut ini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.