Sukses

Piala Dunia 2022: Camavinga Jadi Korban Pelecehan Rasis

Liputan6.com, Jakarta - Eduardo Camavinga menjadi sasaran pelecehan rasis setelah tekelnya yang terlambat terhadap rekan setimnya di Prancis, Christopher Nkunku dalam latihan. Akibat insiden ini, Nkunku harus absen dari Piala Dunia 2022 Qatar.

Prancis mengambil bagian dalam sesi latihan terakhir sebelum turnamen di markas Clairefontaine. Selasa (15/11/2022). Dalam sesi latihan, Camavinga menerjang dengan benturan yang tidak tepat pada bintang RB Leipzig itu.

Nkunku terlihat memegangi kakinya yang kesakitan dan dibantu keluar dari lapangan latihan. Setelah menjalani tes medis, diketahui Nkunku dipastikan absen dari Piala Dunia Qatar.

Hal itu membuat gelandang Real Madrid menjadi sasaran pelecehan rasis, dengan seorang pendukung berkomentar dalam video cuplikan insiden tersebut dengan menyebut pemain berusia 20 tahun itu sebagai 'sale singe' dalam bahasa Prancis, yang artinya 'monyet kotor'.

Bos tim Didier Deschamps memanggil pemain depan Eintracht Frankfurt Randal Kolo Muani sebagai pengganti Nkunku pada hari Rabu, hanya beberapa jam sebelum tim terbang ke Qatar untuk Piala Dunia.

Sang juara dunia mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan: "Didier Deschamps telah memutuskan untuk memanggil striker Eintracht Frankfurt untuk menggantikan penyerang RB Leipzig Christopher Nkunku," dinukil dari Daily Mail, Rabu (16/11/2022).

"Komite Medis FIFA telah menyetujui penarikan Christopher Nkunku karena cedera, yang memungkinkan Didier Deschamps untuk memanggil pemain untuk menggantikannya," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Pupusnya Harapan Nkunku

"Pelatih nasional telah memutuskan untuk memanggil Randal Kolo Muani. Striker Eintracht Frankfurt, saat ini berada di Jepang bersama klubnya, akan bergabung dengan tim Prancis di Doha pada Kamis pagi," jelas pernyataan tersebut. 

Cedera ini merupakan pukulan telak bagi Nkunku yang tampil fenomenal. Musim ini dia mencetak 12 gol dan dua assist hanya dalam 15 pertandingan Bundesliga. 

Hal itu membuatnya berada di puncak daftar pencetak gol di papan atas Jerman. Selain itu, Nkunku juga membantu timnya lolos ke babak sistem gugur Liga Champions.

Prancis berada di Grup D untuk turnamen di Qatar, bersama Australia, Denmark dan Tunisia. Mereka membuka kampanye mereka melawan Australia.

3 dari 5 halaman

Pukulan Bagi Prancis

Cedera Nkunku adalah pukulan terbaru bagi juara bertahan Piala Dunia, dengan gelandang N'Golo Kante dan Paul Pogba, serta bek Presnel Kimpembe juga dipastikan absen dari turnamen empat tahunan tersebut.

Kante dan Kimpembe sama-sama diterpa cedera hamstring. Kante sendiri memang sudah absen bela Chelsea sejak Agustus lalu. Namun, keadaan memburuk setelah proses recoverynya mengalami kemunduran sehingga Kante harus menepi selama empat bulan.

Sementara Kimpembe juga sama halnya Kante karena proses pemulihan cedera achilles tak berjalan sesuai harapan. Memang belakangan ini bek milik PSG itu kerap kerap diterpa cedera. Sebelum cedera achilles, pemain berusia 27 itu menepi satu setengah bulan karena cedera hamstring pada awal September lalu.

Selanjutnya, Pogba alami cedera meniskus lateral kaki kanannya. Dia sukses menjalani operasi pada Senin, 5 September 2022. Meski proses operasinya berjalan lancar, Pogba gagal fit tepat waktu Piala Dunia. Alhasil, dia harus menepi usai gelaran ajang terbesar itu selesai.

Selain itu, Karim Benzema juga masih dalam masa pemulihan. Sebelumnya, ia diterpa cedera otot paha kala berjumpa Celtic di Liga Champions sampai ia absen beberapa pertandingan berikutnya.

Tak cukup di situ saja, Benzema kembali dibekap cedera ringan bagian lututnya kala melakukan pemanasan sebelum laga vs Sevilla. Meski begitu, Benzema tetap dipanggil oleh Didier Deschamps di skuad Prancis untuk menambah amunisi lini serang.

4 dari 5 halaman

Daftar Skuad Prancis

Kiper: Hugo Lloris, Steve Madanda, Alphonse Areola

Bek: Raphael Varane, Benjamin Pavard, Lucas Hernandez, Axel Disasi, Jules Kounde, Theo Hernandez, William Saliba, Dayot Upamecano, Ibrahima Konate

Gelandang: Adrien Rabiot, Aurelien Tchouameni, Matteo Guendouzi, Jordan Veretout, Eduardo Camavinga, Youssouf Fofana

Penyerang: Olivier Giroud, Antoine Griezmann, Karim Benzema, Kylian MBappe, Kingsley Coman, Marcus Thuram, Ousmane Dembele, Christopher Nkunku (digantikan oleh Randal Kolo Muani).

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Prancis

Rabu, 23 November 2022

02.00 WIB: Prancis vs Australia

 

Sabtu, 26 November 2022

23.00 WIB: Prancis vs Denmark

 

Rabu, 30 November 2022

22.00 WIB: Tunisia vs Prancis

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS