Sukses

Klasemen Liga Italia: AC Milan Akhiri Penantian 11 Tahun

Liputan6.com, Jakarta AC Milan berhasil menuntaskan persaingannya dengan rival sekota Inter Milan dalam perebutan gelar Liga Italia, Serie A 2021/2022. Rossoneri keluar sebagai juara dengan koleksi 86 poin dari 38 laga.

Pada pertandingan terakhir, AC Milan bertarung melawan Sassuolo di Stadion Citta del Tricolore. Dalam laga ini, Milan sebenarnya hanya membutuhkan satu poin lagi untuk juara setelah unggul dua poin dan menang head to head atas rival sekota yang menguntit di urutan kedua, yakni Inter Milan.

AC Milan akhirnya finis pertama secara meyakinkan setelah  menumbangkan Sassuolo 3-0, Minggu (22/5/2022). Tiga gol Rossoneri dicetak oleh Oliver Giroud (17 dan 32) dan Franck Kessie (36').

Kemenangan ini sekaligus membendung langkah Inter Milan menuju puncak klasemen. Padahal, Nerazzurri yang terpaut 2 poin juga berhasil menang 3-0 melawan Sampdoria di hari yang sama. Tambahan 3 poin hanya membuat Inter Milan hanya mengamankan posisi kedua dengan 84 poin.

Keberhasilan menjuarai Liga Italia Serie A pada musim ini, sekaligus mengakhiri penantian 11 tahun AC Milan. Terakhir kali, Rossoneri merasakan manisnya gelar scudetto terjadi pada musim 2010/11 lalu. Gelar ini sekaligus menambah koleksi trofi Serie A, AC Milan, yang kini telah tercatat sebanyak 19 kali.

Sementara itu, posisi ketiga klasemen akhir Liga Italia 2021/2022 jatuh ke tangan Napoli yang mengumpulkan 79 poin. Sementara Juventus harus puas berada di peringkat keempat dengan perolehan 70 poin dari 38 pertandingan.

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Tanda-tanda juara AC Milan sebenarnya sudah terlihat sejak awal pertandingan melawan Sassuolo. Pasukan Stefano Pioli sangat mendominasi pertandingan.Giroud sudah mendapat peluang di menit-menit awal, tapi tembakannya terlalu lemah sehingga bisa diantisipasi kiper Sassuolo Andrea Consigli.

Giroud akhirnya berhasil membawa Milan unggul 1-0 pada menit ke-17. Mendapat umpan dari Rafael Leao, mantan pemain Chelsea itu melepaskan tembakan kaki kiri dan bola bersarang di gawang lawan.

Milan bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-32 melalui tendangan Giroud. Proses gol kedua Milan bermula dari kesalahan bek Sassuolo yang kehilangan bola setelah dibayang-bayangi Rafael Leao.

Usai melewati dua pemain Sassuolo, Leao sebelum mengumpan bola ke tengah kotak penalti. Giroud yang sudah menanti datangnya bola langsung melepaskan tembakan kaki kiri dan tak bisa diantisipasi kiper Sassuolo.

Rafael Leao kembali menciptakan assist untuk gol ketiga Milan yang dicetak pada menit ke-36 berkat Franck Kessie. Gol Franck Kessie itu sekaligus mengantarkan AC Milan unggul 3-0 atas Sassuolo pada babak pertama.

Tak ada gol lagi yang tercipta pada sisa pertandingan. AC Milan meraih kemenangan 3-0 atas Sassuolo sekaligus memastikan gelar juara Liga Italia 2021-2022.

3 dari 4 halaman

3 Tim Degradasi

Empat tim teratas pada papan klasemen Liga Italia, Serie A bakal tampil di ajang Liga Champions musim depan. Sementara poisisi kelima dan keenam bakal melaju ke Liga Europa. Selanjutnya posisi ketujuh mendapat kesempatan untuk tampil di babak kualifikasi Europa Conference League.

Tiga tim terbawah pada klasemen akhir Liga Italia musim ini dipastikan bakal angkat kaki dari Serie A. Musim depan, ketiganya tampil di kasta yang lebih rendah, yakni Serie B. Siapa saja? Ikuti klasemen lengkap Liga Italia 2021/2022 pada halaman selanjutnya. 

4 dari 4 halaman

Klasemen Akhir Serie A Liga Italia 2021/2022