Sukses

Jadi Incaran MU, Frenkie de Jong Bakal Dilepas Barcelona?

Manajer Barcelona Xavi Hernandez mengaku amat menyukai Frenkie de Jong. Kendati demikian, pihaknya masih harus memantau situasi keuangan Blaugrana, di tengah munculnya minat Manchester United untuk mengontrak sang penggawa internasional Belanda.

Liputan6.com, Jakarta Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong, santer dikaitkan dengan kepindahan ke Manchester United (MU) jelang bursa transfer musim panas tahun ini. Juru taktik Barca Xavi Hernandez pun ikut menanggapi situasi anak asuhnya.

Dilansir dari Mirror, Xavi mengeklaim De Jong merupakan pemain penting dalam skuadnya. Namun, pelatih berusia 42 tahun itu mengisyaratkan krisis finansial yang dialami Blaugrana bisa saja memberi peluang bagi Setan Merah untuk membajak pemain internasional Belanda.

“Bagi saya, Frenkie adalah pemain hebat, dia garang. Saya menyukainya dan saya pikir dia bisa menjadi bagian dari era penting klub. Kita akan lihat situasi ekonomi klub, tetapi saya suka De Jong,” ujar Xavi jelang laga terakhir Barcelona di La Liga musim ini, seperti dilansir dari Mirror.

Sudah bukan rahasia umum bahwa Barcelona tengah mengalami kesulitan keuangan. Klub yang bertengger di peringkat dua klasemen Liga Spanyol itu bahkan terpaksa berpisah dengan Lionel Messi akibat persoalan salary cap.

Situasi Barcelona sejatinya berangsur-angsur mulai membaik. Kendati demikian, pernyataan Xavi baru-baru ini mengindikasikan bahwa pihak klub kemungkinan harus melepas sejumlah pemain lagi di jendela transfer mendatang.

Frenkie de Jong merupakan salah satu nama yang diprediksi dekat dengan pintu keluar Camp Nou. Pemain berusia 25 tahun tersebut digadang-gadang sebagai salah satu target incaran Manchester United di lini tengah.

Mengutip laporan Mirror, Frenkie de Jong merupakan bintang besar Ajax sebelum ia dijual ke Barcelona dengan mahar senilai 75 juta euro pada 2019. Kiprahnya bersama Barca juga terbilang apik. Tak heran jika raksasa Liga Inggris tertarik memboyongnya ke Old Trafford.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Properti Panas

Manchester United bukanlah satu-satunya klub yang menaruh hati pada De Jong. Gelandang asal Belanda itu telah menjadi salah satu properti panas di bursa transfer. Ia diminati oleh banyak tim berkat penampilannya di level klub dan internasional.

Bayern Munchen dan Manchester City kabarnya juga tertarik menyewa jasa De Jong. Kedua tim dikenal sangat kuat dari segi finansial. Meski begitu, ada faktor yang membuat De Jong kemungkinan lebih condong dengan potensi kepindahan ke MU.

Di Old Trafford, De Jong akan berjumpa dengan mantan pelatihnya Erik ten Hag. Mereka punya memori apik ketika masih berkarier di Ajax. Sang pemain berkembang pesat di bawah kendali Ten Hag. Ini menjadi faktor krusial yang berpotensi memengaruhi keputusannya.

Selain De Jong, Ten Hag jua masih akan memperkuat Setan Merah dengan mendatangkan mantan anak asuh lainnya. Jurrien Timber dan Antony merupakan dua nama yang ikut santer dikaitkan dengan Manchester United.

Sebagai informasi, Antony saat ini dihargai kurang lebih 50 juta poundsterling. Penandatangan Timber di Old Trafford juga nampaknya bakal membuat MU perlu merogoh kocek cukup dalam. Apalagi ia tengah menjadi subjek ketertarikan klub lain.

3 dari 3 halaman

MU Lepas Pemain

Setan Merah konon telah menyiapkan dana besar untuk pembelian pemain. Klub yang terlempar ke posisi enam klasemen Liga Inggris itu akan memberi 120 juta poundsterling bagi Ten Hag, agar bisa dibelanjakan di bursa transfer musim panas.

Pembelian pemain baru selanjutnya bakal diikuti dengan perombakan besar-besaran di Manchester United. Eks pelati Ajax dilaporkan siap memangkas skuad Setan Merah dan melepas 10 pemain pada musim panas.

Dean Henderson dan Aaron Wan-Bissaka merupakan dua penggawa yang bakal dijual MU. Paul Pogba juga akan angkat kaki dari Old Trafford lantaran kontraknya berakhir.

Jesse Lingard kemungkinan akan kembali ke West Ham United jika jasanya tak lagi dibutuhkan di Setan Merah. Sementara itu, Edinson Cavani, Nemanja Matic, Juan Mata, dan Lee Grant menjadi pemain lain yang bakal pergi.

Ten Hag kabarnya terbuka menjual Eric Bailly dan Phil Jones yang sama-sama kesulitan mendapatkan waktu bermain. Di sisi lain, Kapten MU Harry Maguire pun berpotensi terdepak dari Old Trafford, jika sang pelatih berhasil mendatangkan salah satu bek incarannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.