Sukses

Barcelona Kalah dari Manchester City dalam Dapatkan Erling Haalang, Xavi Ungkap Penyebabnya

Liputan6.com, Barcelona - Erling Haaland dikabarkan telah lulus tes medis, Senin (9/5/2022). Pengumuman resmi kepindahan pemain timnas Norwegia itu ke Manchester City bakal dilakukan pada Minggu ini.

Menurut Sky Sports, striker berusia 21 tahun tersebut selangkah lagi bergabung dengan pemimpin klasemen Liga Inggris itu. Apalagi, dia telahmengatakan kepada Borussia Dortmund bahwa ingin pergi.

Manchester City siap mengaktifkan klausul pelepasan Haaland yang bernilai 75 juta euro atau sekitar Rp 1,15 triliun. Sementara The Mail pada April lalu melaporkan bahwa pemain asal Norwegia itu akan menerima lebih dari 500 ribu pound per minggu, menjadikannya sebagai pesepak bola dengan bayaran tertinggi di Inggris.

Haaland adalah salah satu striker yang paling diminati sejumlah klub-klub besar Eropa. Selain Manchester City, dia juga pernah dikaitkan dengan klub Liga Inggris lainnya, yaitu Manchester United. Dua raksasa Liga Spanyol Barcelona dan Real Madrid juga inggin menggunakan jasanya.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengakui Barcelona tak bisa mencapai kesepakatan dengan Haaland. Sebab, tim Catalan tidak dapat bersaing dengan kekuatan belanja Manchester City.

"Ini tidak resmi tentang City, kan? Ketika itu Anda tanyakan lagi kepada saya. Bagi kami? Sangat sulit karena situasi ekonomi, saya tidak akan berbohong kepada Anda," kata Xavi Hernandez seperti dikutip Mundo Deportivo.

Ahli taktik berusia 42 tahun tersebut menambahkan: "Saya tidak akan mengatakan banyak. Saya tidak akan meremehkan proyek lain. Bukan hanya proyek kami yang bagus. City memiliki banyak gelar dan bersaing. Jika apa yang Anda katakan terjadi, itu karena masalah keuangan."

Pada Maret 2022, Forbes mengklaim Barcelona memiliki utang sebesar US$ 1,5 miliar. Utang itu sebagian besar karena serangkaian perekrutan pemain mahal yang membawa bencana.

Simak klasemen Liga Spanyol di halaman berikutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kondisi keuangan Barcelona sulit

Sejak menggantikan Ronald Koeman sebagai pelatih pada November 2021, Xavi Hernandez sudah membimbing Barcelona melewati masa sulit. Tim Catalan dipastikan bisa bermain di Liga Champions musim depan.

Tetapi, ketika lulusan La Masia itu ditanya apakah klub bisa mendatangkan pemain baru musim panas ini, dia tampak tidak yakin. "Itu tergantung ekonomi. Pada akhirnya, jika Anda menginginkan sesuatu dan Anda tidak dapat memilikinya karena Anda tidak punya uang, Anda masih harus bertindak dengan cara lain," ucap Xavi.

"Skenarionya mudah, tergantung uangnya, kami akan melakukan satu atau lain hal. Sudah jelas tetapi seperti itu. Situasinya sulit tetapi sekarang ini adalah kenyataan kami," tambahnya.

Xavi kembali mengungkit situasi keuangan klub saat ditanya siapa yang akan hengkang dari Camp Nou musim panas ini. "Kami cukup jelas. Sulit untuk mengubah dan mengubah pendapat yang telah kami tandai. Saya memiliki hal-hal yang cukup jelas dengan pemain dan situasi. Situasi ekonomi klub sangat menandai kami," ujarnya.

Menurut Marca, Frenkie de Jong dan Memphis Depay berpotensi dijual Barcelona musim panas ini. Selain itu, ada Neto, Clement Lenglet, Sergino Dest, Oscar Mingueza, Samuel Umtiti, Riqui Puig, dan Martin Braithwaite.

 

3 dari 4 halaman

Ansu Fati

Xavi Hernandes sudah tahu 11 pemain yang bakal dijadikan starter musim depan. Salah satu yang cukup pasti yaitu wonderkid Barcelona, Ansu Fati.

Baru saja pulih dari cedera, pemain jebolan akademi sepak bola La Masia ini sudah cetak gol untuk Barcelona. Dia mencetak salah satu dari dua gol Barca saat menghadapi Real Betis.

Xavi akan membangun sebuah tim di Barcelona dengan Fati sebagai titik sentral. "Dia seorang bintang, dia bisa mencetak gol. Ini lebih sulit buat pemain lain," kata Xavi.

"Menyenangkan bisa melihat dia kembali. Dia selalu cetak gol. Dia punya dua peluang dan mencetak satu gol, yang lainnya berbahaya."

Pujian juga datang dari bek senior Jordi Alba. "Dia bisa mencetak gol. Dia sangat muda dan bisa melakukannya. Baru dapat satu atau dua peluang, dia cetak gol," ujarnya. "Dia akan memberi banyak buat kami. Kami senang bisa kembali melihatnya main."

4 dari 4 halaman

Peringkat