Sukses

BRI Liga 1 2021/2022: Persija Bertekad Jaga Tren Positif Kala Bersua PSM

Liputan6.com, Solo - Persija Jakarta akan melawan PSM Makassar pada pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (7/12/2021) pukul 20:45 WIB. Tim Macan Kemayoran bertekad meneruskan hasil positif yang didapat pada pekan sebelumnya. 

Sebelumnya, skuat besutan Angelo Alessio itu menang 1-0 atas Persikabo 1973, Jumat, 3 Desember lalu. Hasil ini menjadi momen penting bagi Persija untuk  mengarungi persaingan kompetisi di BRI Liga 1.

Melansir lama resmi Persija, seluruh elemen di tim sepakat kemenangan tersebut harus menjadi awal dari rentetan hasil positif berikutnya, termasuk saat melawan PSM. Semangat  Maman Abdurahman cs untuk bisa mendapatkan tiga poin sangat menggebu-gebu.

Terkait masa pemulihan yang singkat, Maman mengatakan pelatih sudah memberikan program agar kebugaran pemain bisa kembali fit untuk meladeni permainan PSM. "Setelah pertandingan kemarin (vs Persikabo) kami memiliki motivasi dan mental yang baik," katanya.

"Kemudian, dengan jadwal yang padat dan masa pemulihan singkat, tim pelatih pun sudah memberikan waktu kepada pemain untuk sedikit beristirahat."

 

2 dari 4 halaman

Harapan Maman

Maman berharap para pemain paham bahwa menghadapi PSM merupakan laga yang berat. Jadi, siapa pun yang bermain harus ekstra semangat dan bisa tetap fokus.

Selain itu, ia juga ingin seluruh pemain mengeluarkan segala kemampuannya pada pertandingan tersebut. "Semoga di pertandingan besok (vs PSM) teman-teman sadar bahwa setiap pertandingan yang dilewati Persija adalah pertandingan sulit." tutur bek berusia 39 tahun itu.

"Kami sepakat untuk menjaga tren positif ini. Kami sepakat juga ingin membawa Persija di trek yang sebenarnya," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Pemain yang absen

Di sisi lain, beberapa pemain Persija sedang dilanda cedera, seperti Rezaldi Hehanussa dan Otavio Dutra. Hal tersebut membuat Tim Macan Kemayoran masih belum bisa untuk menurunkan komposisi terbaiknya.

"Rezaldi masih merasakan nyeri pada tumit kirinya. Jadi, kami masih akan memantaunya," kata dokter Persija dr. Donny Kurniawan, SpKO(K).

Sementara Dutra cedera hamstring. Walau sudah terlihat membaik, kondisi fisiknya dinilai masih belum siap untuk tampil, mengingat satu bulan lebih dia menjalani masa penyembuhan.

"Dutra sebenarnya sudah mengikuti agenda latihan. Seharusnya progresnya bagus. Tapi, mungkin ada pertimbangkan dari Alberto (pelatih fisik Persija) terkait masalah fisik jadi belum bisa diturunkan," kata Donny.

Selain dua nama yang telah dipastikan absen, Persija juga masih belum bisa menurunkan Alfriyanto Nico yang masih menjalani karantina usai bergabung dengan timnas U-18. Nico menjadi pemain tersubur kedua di Persija setelah Marko Simic (9).

Sementara itu, Novri Setiawan dan Riko Simanjuntak sudah dipastikan bisa tampil dalam pertandingan selanjutnya. Sebelumnya, keduanya terpaksa absen karena cedera dan akumulasi kartu.

Penulis: Rafi Abdul Rochim

4 dari 4 halaman

Klasemen BRI Liga 1