Sukses

Prediksi Barcelona vs Athletic Bilbao : Mengincar Trofi Pertama

Liputan6.com, Jakarta Barcelona mengincar trofi pertama saat melakoni final Piala Super Spanyol melawan Athletic Bilbao di Olimpic de Sevilla, Senin (18/1/2021). Barcelona terakhir kali mengangkat trofi pada 2019 lalu saat menjuarai La Liga.

Kini, kesempatan untuk mengangkat trofi cukup terbuka buat Ronaldo Koeman. Pelatih Barcelona tersebut sempat diragukan di awal musim tapi belakangan penampilan Azulgrana semakin meyakinkan.

Koeman selalu mencari-cari formasi terbaik dimulai dengan 4-2-3-1,3-4-2-1 dan kini 4-3-3. Formasi tradisional yang terkenal dengan Barcelona inilah yang membuat tim asal Katalunya ini bangkit.

Meski diunggulkan, Koeman meyakini duel final melawan Bilbao bakal sulit. Dia merujuk kepada kegagalan Real Madrid ke final Piala Super Spanyol sebagai rujukan paling pas.

"Tersingkirnya Real Madrid jadi bukti segalanya mungkin terjadi. Kalau Anda berjuang, sepak bola selalu bisa seperti itu," ujar Koeman seperti dikutip Marca.

 

2 dari 6 halaman

Tak Boleh Lengah

Koeman juga menegaskan setiap tim yang main di Piala Super Spanyol tak boleh lengah. Bilbao contohnya bisa membuat Real Madrid kerepotan.

"Anda tak boleh santai karena lawan akan membuatnya sulit untuk Anda. Bilbao main efisien dan pantas untuk lolos," ujar Koeman.

Koeman juga berharap Lionel Messi bakal fit saat melawan Bilbao. Namun dia menyerahkan keputusan Messi bakal main atau tidak kepada sang pemain sendiri.

 

3 dari 6 halaman

Status Messi

Messi tak tampil sama sekali saat Barcelona mengalahkan Real Sociedad di semifinal piala Super Spanyol. Barca melewati ujian dengan menang 3-2 lewat adu penalti.

"Kemarin, dia berlatih sendiri dan kita tunggu bagaimana dia bisa memulai pertandingan nanti," ujar Koeman seperti dikutip Marca.

"Dia yang akan menentukan, dia kenal tubuhnya sendiri. Kami harus tunggu dan melihat bagaimana cedera ringannya pulih. Kami berharap dia akan main," kata pelatih asal Belanda ini menambahkan.

 

4 dari 6 halaman

Rekor Pertemuan

 

07/01/21 LAL Athletic Club 2 - 3 Barcelona

24/06/20 LAL Barcelona 1 - 0 Athletic Club

07/02/20 CDR Athletic Club 1 - 0 Barcelona

17/08/19 LAL Athletic Club 1 - 0 Barcelona

11/02/19 LAL Athletic Club 0 - 0 Barcelona

 

5 dari 6 halaman

Prediksi Susunan Pemain

 

Barcelona (4-3-3) : Ter Stegen; Dest, Araujo, Lenglet, Alba; Busquets, De Jong, Pedri; Messi, Griezmann, Dembele

Athletic Bilbao (4-4-2) : Simon; Capa, Nunez, Martinez, Balenziaga; De Marcos, Vencedor, D Garcia, Muniain; Williams, R Garcia

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini: