Sukses

Barcelona Kehilangan Sponsor Bukan Karena Covid-19, Messi Alasan Utama

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona sedang mengalami krisis finansial bukan saja karena pandemi Covid-19. Barcelona dikabarkan kehilangan banyak sponsor hingga 25 juta euro gara-gara masa depan Lionel Messi yang tidak jelas.

Pendapat ini diungkap ahli marketing olahraga, Cinto Ajram. Dia mengatakan tidak jelasnya masa depan Messi lebih berbahaya ketimbang Covid-19.

Uang sponsor Barcelona terus menurun daru 55 juta euro menjadi 30 juta euro. Ajram memang bertugas di bagian sponsor pada era presiden Josep Maria Bartomeu dan dia tahu masalah Messi paling berpengaruh.

"Benar, virus corona sudah mengurangi jumlah uang dari sponsor karena visibilitas brand terpengaruh," kata Ajram seperti dikutip Marca soal sponsor Barcelona.

"Namun menurunnya pemasukan hingga jadi 30 juta euro dari Rakuten lebih karena reaksi di seputar masa depan Lionel Messi. Saya juga masih bertanya tanya apakah masih 30 juta euro nilainya sekarang."

 

2 dari 7 halaman

Rusak

Rakuten menjadi sponsor yang merasa rugi dengan kondisi Barcelona saat ini. Saat gabung, Barcelona masih punya Luis Suarez, Neymar dan Messi.

"Secara komersial, mereka memberi pengaruh besar. Sekarang Barcelona ajukan pembaruan kontrak tanpa Suarez dan Neymar, lalu diragukan Messi bertahan atau tidak," ujar Ajram.

"Saat Anda menjual brad Barcelona di seluruh dunia, Anda gunakan wajah Messi. Karena itu, tak ada brand yang berani memperpanjang kontrak hingga tiga atau empat tahun karena mereka tak tahu nilai klub tanpa pemain."

 

3 dari 7 halaman

Komentar Messi

 

Ajram mengatakan apa yang dikatakan Messi di awal musim lalu sangat merusak imej klub. Itu kala Messi bilang ingin meninggalkan Barcelona.

"Soalnya fans paling banyak menyukai Messi, sama seperti Cristiano Ronaldo, saat dia pergi ke Juventus, mereka ganti klub," ujarnya.

4 dari 7 halaman

Klasemen Liga Spanyol

 
5 dari 7 halaman

Jadwal

Sabtu, 21 November 2020

03.00 WIB: Osasuna vs Huesca

20.00 WIB: Levante vs Elche

22.15 WIB: Villarreal vs Real Madrid

 

Minggu, 22 November 2020

00.30 WIB: Sevilla vs Celta Vigo

03.00 WIB: Atletico Madrid vs Barcelona

20.00 WIB: Eibar vs Getafe

22.15 WIB: Cadiz vs Real Sociedad

6 dari 7 halaman

Selanjutnya

 Senin, 23 November 2020

00.30 WIB: Granada vs Real Valladolid

03.00 WIB: Deportivo Alaves vs Valencia

Selasa, 24 November 2020

03.00 WIB: Athletic Bilbao vs Real Betis

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Barcelona Berikut Ini