Sukses

Megan Rapinoe Sebut MU Memalukan, Ada Apa?

Manchester United (MU) telah membentuk tim sepak bola wanita sejak tahun 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Gelandang Timnas Amerika Serikat, Megan Rapinoe mengatakan sepak bola wanita kian tertinggal dewasa ini. Menurutnya, tidak banyak klub profesional yang serius menggeluti bidang itu, termasuk Manchester United (MU).

Rapinoe menilai tim sebesar MU sangat terlambat untuk terjun di bidang ini. Pasalnya, MU baru membentuk tim sepak bola wanita profesionalnya di tahun 2018 lalu.

Bahkan, pemain berusia 35 tahun itu tidak segan mengecap MU sebagai tim yang memalukan. Sebab, kompetisi tertinggi sepak bola wanita di Inggris The FA Women’s Super League sudah berdiri sejak 10 tahun lalu pada 2010.

“Ini tahun 2020. Sudah berapa lama Liga Premier Inggris berjalan? Dan kami baru melihat klub seperti Manchester United baru mengupayakan tim wanitanya. Jujur, ini sangat memalukan,” ujarnya seperti dilansir Metro, Senin (9/11/2020).

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tren Positif

Meski telat untuk memulai, tim sepak bola wanita MU mampu menunjukkan penampilan sempurna. Mereka berhasil mempromosikan diri ke kasta utama The FA Women’s Super League dalam waktu satu musim saja.

Bahkan, musim ini Setan Merah berhasil menduduki peringkat pertama klasemen sementara. Mereka mengoleksi 16 poin dari enam pertandingan yang dilakoni.

3 dari 3 halaman

Kurangnya Sponsor

Rapinoe mengungkap sepak bola wanita tak kunjung membaik karena minimnya sponsor yang mendanai. Apabila hal ini terus berlanjut, sepak bola wanita akan terus tertinggal jauh.

“Saya pikir sepak bola wanita di Inggris sama dengan AS, sama-sama kekurangan sponsor yang mendanai. Kami tidak memiliki investor besar yang mampu memajukan sepak bola wanita,” pungkasnya.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.