Sukses

Eks Rekan Setim di MU Ungkap Aturan Saat Latihan yang Untungkan Cristiano Ronaldo

Eks gelandang Manchester United (MU), Darren Fletcher mengaku perkembangan Cristiano Ronaldo tidak lepas dari andil Walter Smith.

Liputan6.com, Manchester - Eks gelandang Manchester United (MU), Darren Fletcher mengaku perkembangan Cristiano Ronaldo tidak lepas dari andil Walter Smith. Ya, Walter adalah asisten Sir Alex Ferguson di MU yang memberi peraturan khusus untuk Ronaldo.

"Walter datang dan dia pada dasarnya memutuskan tidak akan ada pelanggaran saat latihan. Saya tahu, itu tentunya untuk Ronaldo," kata Fletcher.

Fletcher mengatakan, sebelum ada peraturan itu, Ronaldo selalu mengandalkan pelanggaran untuk mendapat keuntungan. Ronaldo pun, kata Fletcher sempat mempertanyakan peraturan yang dibuat Walter.

"Siapa pria Skotlandia itu? Apa Ini?" kata Fletcher menirukan Ronaldo.

Meskipun demikian, Fletcher mengungkapkan Ronaldo pada akhirnya dapat mengambil keuntungan dari peraturan itu. Karena tahu tidak ada pelanggaran, Ronaldo mulai kreatif dengan bola dan lebih banyak berlari.

"Lalu dia mulai mencetak lebih banyak gol dan punya opsi lebih banyak untuk mencetak gol," katanya.

Ronaldo bermain di MU pada 2003 hingga 2009. Pria yang kini bermain bagi Juventus itu mencetak 118 gol dalam 292 bagi Setan Merah -julukan MU.

Di MU pula, Ronaldo menjelma sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Ronaldo lalu pindah ke Real Madrid pada 2009/10 dan bermain hingga musim 2017/18 di sana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lompatan Besar

Fletcher menambahkan, tindakan Walter barangkali sederhana. Namun dampaknya sangat besar bagi karier Ronaldo.

Terbukti, usai berlatih dengan aturan Walter, permainan Ronaldo membuas. "Dengar, itu mungkin kecil, tetapi pada paruh kedua musim di bawah Walter, dia membuat perbedaan besar," katanya.

3 dari 3 halaman

Di Timnas Skotlandia

Walter Smith sendiri tidak hanya pernah menjadi asisten Ferguson di MU. Pada Piala Dunia 1986, Walter menjadi asisten Ferguson di timnas Skotlandia.

Ferguson pun memuji tangan kanannya itu sebagai asisten yang berpengalaman. "Ada sedikit orang dengan pengalaman dan pemahaman teknis seperti dia," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

Video Terkini