Sukses

Bos Yamaha Tak Tega jika Valentino Rossi Terpaksa Pensiun karena Covid-19

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, ingin Valentino Rossi tetap balapan di MotoGP 2021.

Liputan6.com, Urbino - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, ingin Valentino Rossi tetap balapan di MotoGP 2021. Kepada Speedweek, Jarvis mengaku takkan sampai hati melihat sang 9 kali juara dunia 'dipaksa' pensiun oleh pandemi virus corona (Covid-19) yang saat ini membekukan musim 2020.

Sebelum pandemi ini melanda dunia, Rossi sempat mengaku akan menggunakan 7-8 seri perdana 2020 untuk evaluasi performa. Jika terbukti masih kompetitif, maka ia bertekad membela Petronas Yamaha SRT pada 2021. Apalagi Yamaha berjanji akan memberinya kontrak dan motor spek pabrikan.

Meski begitu, rencana Valentino Rossi ini benar-benar kacau akibat awal musim 2020 yang tertunda. Per Kamis (24/4/2020), sudah ada satu seri yang dibatalkan dan 10 seri ditunda. MotoGP pun bertekad memulai balapan pada Agustus nanti, namun rencana ini juga belum pasti karena pandemi masih merebak di mana-mana.

Jarvis menyatakan Yamaha takkan perlu pusing jika Valentino Rossi memastikan diri tetap balapan pada 2021. Selain itu, pria Inggris ini yakin, jika Rossi memang ingin pensiun, maka momen tersebut harus dilakukan dalam kondisi kompetisi yang normal, bukan saat vakum akibat pandemi penyakit.

"Saya harap ia tetap balapan, karena dengan adanya Covid-19, tak seharusnya ini jadi waktu yang tepat untuk mengakhiri karier atlet yang legendaris seperti dia. Selain itu, ada skenario terburuk kami takkan balapan sekalipun tahun ini," ungkap Jarvis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tragis

"Bakal tragis jika olahragawan seikonik Vale harus mengakhiri kariernya hanya karena kompetisi dibatalkan. Saya yakin Vale merasakan hal yang sama, dan pasti ingin lanjut setahun lagi. Tapi keputusan ada di tangannya, karena ini adalah hidupnya," lanjutnya.

Jarvis pun menyatakan, sebelum pandemi merebak, Rossi sepakat untuk memberitahu keputusan masa depannya kepada Yamaha pada Juni. Akibat Covid-19, rencana ini juga sulit dilakukan. Tapi Jarvis tetap ingin Rossi segera ambil keputusan, karena tak memungkinkan jika harus menunggu sampai Oktober atau November nanti.

3 dari 3 halaman

Belum Ambil Keputusan

"Kami belum tahu gambaran jadwal balap 2020. Tapi Vale dan kami tak bisa menunggu sampai balapan pertama lalu baru ambil keputusan. Pada musim dingin lalu, kami sepakat akan tahu pada Juni. Kini Vale punya banyak waktu untuk memikirkan hidup dan masa depannya. Jadi kita tunggu saja," pungkasnya.

Posisi Rossi di Monster Energy Yamaha musim depan pun telah dipastikan diambil alih oleh Fabio Quartararo, yang nantinya akan bertandem dengan Maverick Vinales.

Sumber: Speedweek

Disadur dari Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 25/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini