Sukses

4 Tips Bikin Tempat Tidur Tetap Bersih dan Nyaman Selama Karantina Mandiri Corona Covid-19

Jakarta - Tempat tidur dan perabotan lain yang ada di dalam kamar tidur adalah area yang harus selalu dijaga kebersihannya. Apalagi, pada masa pandemi corona Covid-19 sekarang.

Pada saat ini, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tetap berada di rumah dengan melakukan karantina pribadi paling tidak selama 14 hari. Ini sebagai upaya meredam penyebaran corona Covid-19.

Hal tersebut dilakukan pemerintah agar warga lebih sedikit melakukan kontak satu sama lain. Menjaga kesehatan dan mencuci tangan secara rutin juga dapat membantu kita agar tidak tertular virus corona.

Selama berada di rumah, kebersihan dan kenyamanan kasur menjadi hal perlu kita perhatikan agar waktu bersantai kita lebih terasa nyaman, dan tidak menjadi sumber penyakit karena menjadi sarang kuman, bakteri, maupun virus jahat.

Ada beberapa cara agar kasur tetap rapi dan nyaman selama masa karantina mandiri, mulai menumpuk selimut setelah bangun dari tidur, membersihkan kasur dari debu, dan mengganti seprai jika telah terlihat kotor.

Berikut Bola.com merangkum dari Real Simple, cara menjaga tempat tidur agar tetap bersih dan nyaman selama masa karantina akibat pandemi corona Covid-19, Kamis (2/42020).

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membersihkan Kasur

1. Membersihkan Kasur

Sering kita mendapati kasur yang kita pakai sehari-hari sangat berdebu dan mengganggu kenyamanan. Debu yang menempel pada kasur juga dapat menimbulkan bakteri yang dapat mengakibatkan kasur menjadi bau.

Membersihkan kasur menjadi sesuatu yang harus rutin Anda lakukan setiap hari agar kasur tetap bersih dan nyaman.

Untuk membersihkan kasur Anda, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan.

Pertama, bersihkan bagian atas kasur dengan kuas atau sapu khusus, hilangkan debu yang menumpuk di atas kasur hingga bersih.

Kemudian, taburkan baking soda ke seluruh permukaan kasur, diamkan selama 10 menit lalu sedot dengan penyedot debu. Hal tersebut dapat menghilangkan bau tidak sedap yang menempel pada kasur.

Jangan lupa untuk mencuci seprai Anda secara rutin paling tidak satu minggu sekali agar kenyamanan tempat tidur tetap terjaga.

Satu hal yang tidak boleh terlewat adalah selalu bersihkan debu yang berada di bawah dan sekitar kasur setiap hari agar debu tak berpindah ke atas kasur.

2. Mencuci Seprai

Mencuci seprai menjadi hal rutin yang harus Anda lakukan untuk menjaga tempat tidur agar tetap bersih dan nyaman untuk dipakai.

Mencuci seprai dapat menghindarkan Anda dari sakit, karena bakteri atau virus yang mungkin orang lain bawa setelah mereka menduduki tempat tidur Anda akan tertinggal di seprai.

Para ahli menyarankan untuk mencuci setidaknya satu kali dalam seminggu, namun memang jika dibutuhkan, Anda dapat mencucinya hingga dya kali dalam seminggu agar seprei terjaga kebersihannya.

3 dari 3 halaman

Mencuci Selimut dan Sarung Bantal

3. Mencuci Selimut dan Sarung Bantal

Jika Anda sering atau suka menggunakan selimut ketika tidur, kebersihan selimut juga harus menjadi hal yang harus diperhatikan.

Selimut dan sarung bantal sangat mudah kotor terkena debu atau noda yang lainnya. Mungkin Anda tidak merasa sarung bantal yang sering Anda pakai kotor, namun faktanya, debu yang menempel pada sarung bantal lebih banyak daripada yang berada pada kasur.

Lepaskan sarung bantal dan cuci bersama selimut, mencucinya secara rutin juga akan menghindarkan dari debu dan noda yang dapat membuat kedua barang tersebut menjadi bau.

Jika Anda memiliki bantal yang difungsikan sebagai dekorasi, mungkin Anda dapat mencucinya terpisah dengan selimut dan sarung bantal karena terkadang bantal dekorasi tidak memiliki sarung yang mudah untuk dicuci.

4. Semprotkan Parfum Beraroma Terapi

Di saat selimut, seprei, dan sarung bantal Anda berada di dalam mesin cuci, mungkin hal yang dapat Anda lakukan adalah menyemprot ruangan tempat tidur dengan parfum beraroma terapi.

Anda juga dapat menyemprotkannya pada kasur, hal tersebut dapat memberikan aroma yang lebih segar pada kasur dan menghindarkannya dari bau.

Selain itu aroma terapi juga dapat menenangkan pikiran sehingga menambah kesan nyaman ketika berada di tempat tidur.

Sumber: Real Simple

Disadur dari Bola.com (Penulis Rheza Aditya Gradianto / Editor Aning Jati, Published 2/4/2020)

SILATURAHOME PONARYO