Sukses

4 Skuat Timnas Paling Mahal di Piala Dunia 2018

Nilai jual beberapa tim di Piala Dunia 2018 diambil dari penilaian Transfermarkt.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Jerman layak masuk dalam daftar kandidat juara Piala Dunia 2018. Jika terwujud, mereka akan jadi tim pertama yang melakukannya setelah Brasil era Pele pada edisi 1958 dan 1962.

Untuk menjadi juara di Piala Dunia 2018, Timnas Jerman punya modal meyakinkan. Saat ini anak asuh Joachim Low itu dihuni para pemain berlabel bintang. Tak hanya di starting XI, tapi juga hingga deretan pemain cadangan mereka.

Rata-rata usia pemain Die Mannschaft dari 23 pemain adalah 27,1 tahun. Dan saat ini mereka pun memimpin daftar peringkat FIFA. Dari 23 pemain, sosok yang bisa dibilang memiliki nilai jual tertinggi adalah Toni Kroos dari Real Madrid (80 juta euro).

Setelah itu, ada nama Marc-Andre ter Stegen, Thomas Muller, Mats Hummels, dan Timo Werner yang memiliki nilai jual 60 juta euro. Joshua Kimmich ada di urutan selanjutnya dengan 55 juta euro. Jika ditotal dari 23 pemain, nilai jual skuat mereka saat ini adalah 883 juta euro.

Selain Jerman, masih ada tiga tim lain di Piala Dunia 2018 yang memiliki skuat dengan nilai tinggi. Berikut daftarnya seperti dikutip Sportskeeda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Timnas Brasil (981 juta euro)

Di setiap turnamen, skuat Brasil akan selalu dihuni pemain-pemain hebat. Mereka jadi tim yang tak pernah kehabisan bakat-bakat mengesankan di setiap edisi turnamen, termasuk Piala Dunia.

Saat ini, mereka memiliki skuat dengan rata-rata usia 28,6. Usianya memang terbilang cukup senior, tapi sebagian besar pemain mereka berada dalam momen terbaik. Hal itu yang membuat mereka menempati posisi kedua peringkat FIFA.

Dari sederet pemain, sosok yang paling berharga dan jadi pemimpin tim asuhan Tite itu adalah Neymar. Bintang Paris Saint-Germain yang tengah jadi bidikan Real Madrid itu memiliki nilai jual 180 juta euro.

Selanjutnya, ada nama playmaker Barcelona, Philippe Coutinho yang menyentuh angka 100 juta euro. Setelah Coutinho, ada Roberto Firmino dan Gabriel Jesus yang masing-masing memiliki nilai 80 juta euro.

 

3 dari 4 halaman

2. Timnas Spanyol (1,03 miliar euro)

Setelah tersingkir di fase grup Piala Dunia 2014, Spanyol jelas memiliki motivasi tinggi untuk membayar kesalahan dengan penampilan terbaik di Piala Dunia 2018. Anak asuh Julen Lopetegui itu pun memiliki salah satu skuat terbaik di turnamen ini.

La Furia Roja memiliki usia rata-rata 28,5 tahun dan kini menempati posisi ke-10 peringkat FIFA. Jelas ini bukan posisi yang menggambarkan kekuatan Spanyol.

Meski tengah menjalani masa regenerasi, skuat mereka masih bertabur bintang. Yang menarik, pemain paling berharga mereka saat ini adalah Sergio Busquets dengan nilai 80 juta euro. Busquets dibayangi Isco, Marco Asensio (75 juta euro), dan David De Gea, Koke, Saul Niguez (70 juta euro).

Kini, publik tinggal menanti bagaimana Lopetegui meracik skuat mereka yang bertabur bintang. Di Grup Piala Dunia 2018, mereka akan bertemu dengan Portugal, Maroko, dan Iran.

 

4 dari 4 halaman

1. Timnas Prancis (1,08 miliar euro)

Tak disangka-sangka, Prancis yang memuncaki daftar tim dengan skuat nilai tertinggi saat ini. Anak asuh Didier Deschamps itu mampu menyentuh angka 1,08 miliar euro. Hal itu bisa dimaklumi mengingat Les Bleus dihuni pemain-pemain yang kaya pengalaman.

Pemain yang paling bernilai dalam skuat yang duduk di posisi ketujuh peringkat FIFA itu adalah penyerang PSG, Kylian Mbappe (120 juta euro). Mbappe berada di atas striker Atletico Madrid, Antoine Griezmann (100 juta euro) dan gelandang MU, Paul Pogba (90 juta euro).

Sejauh ini, mereka pun telah menunjukkan performa memukau menuju Piala Dunia 2018. Di kualifikasi, mereka memenangkan persaingan di Grup A yang dihuni Swedia, Belanda, Bulgaria, Luksemburg, dan Belarusia.

Lalu, mereka juga punya rapor bagus di laga uji coba. Sepanjang 2018, hanya satu kekalahan yang mereka telan dari lima laga uji coba. Sisanya, mereka menang tiga kali dan imbang sekali, termasuk saat menghajar Rusia dan Italia 3-1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.