Sukses

NBA: Ada Kesalahan Wasit di Menit Krusial Warriors Vs Cavaliers

Wasit tak meniup peluit atas dua kesalahan Green di detik-detik akhir waktu normal.

Liputan6.com, New York- Gim pertama final NBA antara Golden State Warriors menjamu Cleveland Cavaliers masih terus jadi perbincangan. Pada laga di ORACLE Arena itu, Warriors menang 124-114 lewat overtime.

Kemenangan Warriors ini penuh drama. Mereka nyaris kalah di waktu reguler. Cavaliers mendapat dua free throw saat laga tersisa 4,7 detik lagi. Sayangnya George Hill cuma bisa memasukkan free throw pertama sehingga membuat skor imbang 107-107. 

Free throw kedua Hill meleset dari sasaran. Bola muntah didapat pemain Cavaliers lagi, Jr Smith. Sayangnya Smith melakukan tindakan konyol. Bukannya berusaha memasukkan bola ke ring, Smith malah membawa lari bola keluar dari paint area. Smith berpikir Cavaliers sedang unggul.

Karena skor imbang 107-107, pertandingan dilanjutkan ke overtime. Pada babak tambahan, Cavaliers tak berdaya dan harus kalah selisih 10 angka.

Final NBA gim pertama tak hanya soal kebodohan Smith saja. Rupanya wasit juga membuat dua kesalahan fatal yang merugikan Cavaliers. Dalam laporan "Dua Menit Terakhir" NBA, terungkap bila ada dua pelanggaran Draymond Green yang luput dari pengamatan wasit.

NBA mengatakan Green melakukan pelanggaran dengan memasuki paint untuk mendapatkan rebound sebelum Hill melepaskan bola free throw kedua yang gagal masuk. Seharusnya wasit menginstruksikan free throw kedua Hill diulang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Green

Satu lagi aksi Green di detik-detik akhir yang seharusnya ditiup wasit adalah saat menyentuh lengan LeBron James ketika laga tersisa 12,1 detik. Kontak tersebut terjadi sesaat sebelum James mengumpankan bola kepada Hill yang memicu pelanggaran dari Klay Thompson sehingga Cavaliers mendapat dua hadiah free throw.

Andai wasit menganggap aksi Green tersebut pelanggaran maka LeBron yang akan maju mengeksekusi dua free throw. Akurasi free throw LeBron sangat baik di laga tersebut. Dia memasukkan 10 kali dari 11 percobaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.