Sukses

Duo Honda Siapkan Skenario Kuasai Podium MotoGP Le Mans

Dua pembalap Repsol Honda siap menghadapi MotoGP Le Mans.

Liputan6.com, Le Mans - Duo pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa berusaha menjaga momentum kebangkitan yang mereka alami di MotoGP Jerez, pekan lalu. Menghadapi seri berikutnya di sirkuit Le Mans, Prancis, keduanya pun menyiapkan skenario baru. 

Marquez dan Pedrosa memang tampil perkasa di Jerez. Keduanya berhasil naik podium. Pedrosa keluar sebagai pemenang, sedangkan Marquez berada di urutan kedua. 

Bagi Pedrosa, ini merupakan podium pertamanya musim ini. Sedangkan Marquez April lalu sudah lebih dulu berhasil naik ke mimbar penghargaan saat MotoGP Austin. 

Kemenangan demi kemenangan ini membuat tim Honda lebih percaya diri. Mereka juga bergairah menghadapi balapan berikutnya yang akan berlangsung di Le Mans. 

"Setelah akhir pekan yang hebat di Jerez, kami sekarang menuju ke Le Mans dalam suasana sangat positif," kata Pedrosa seperti dilansir Super Sport, Kamis (18/5/2017). 

"GP Prancis selalu menantang. Yang jadi persoalan, adalah cuaca di sini sering berubah-ubah sehingga sulit untuk menemukan ritme dalam sesi latihan atau untuk merencanakan bagaimana memperbaiki masalah yang terjadi," Pedrosa menambahkan. 

Pedrosa juga menjelaskan, bila trek yang mereka lalui sangat pendek sehingga perbedaan kecil di lap sangat mempengaruhi papan klasemen. Pedrosa pun berharap, kuda pacunya mampu bekerja dengan baik di aspal baru pada MotoGP Le Mans.

"Anda membutuhkan akselerasi yang bagus dan pengereman yang bagus, tapi konsistensi adalah kunci sebenarnya. Kami bekerja dengan baik dengan tim dan kami akan berusaha mempertahankan level yang sama di sana," lanjut Pedrosa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penuh Tantangan

Sementara itu, Marquez justru berpendapat bila Le Mans merupakan sirkuit yang menyenangkan. Sebab di sana ada beberapa tingkat kesulitan yang dihadirkan dan bisa dikatakan lintasan ini memiliki tata letak yang berbeda dari Sirkuit Catalunya.

"Le Mans sangat berbeda dan berbeda dengan layout lain dari kejuaraan. Ini adalah jalur yang sangat sempit dan pendek dengan banyak sudut stop-and-go. Sirkuit ini adalah kebalikan dari Sirkuit de Catalunya, tapi cukup menyenangkan. Permukaannya baru dan kami akan merasakan dampak dari perubahan tersebut pada Jumat (FP1-FP2)."

Marquez menambahkan perubahan itu berdampak positif tidak hanya buat pengendara saja, tapi juga penggemar. Ini berarti balapan jauh lebih baik dari sebelumnya.

"Kita harus menunggu dan melihat bagaimana perkembangannya. Tahun ini bahkan lebih sulit untuk membuat prediksi. Kami harus terus menjaga konsistensi yang telah kami lakukan di balapan terakhir. Bekerja keras dengan mentalitas yang benar, karena posisi kejuaraan sangat sengit," kata Marquez.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini