Sukses

Mentan Minta Masyarakat Tak Panik Lihat Harga Sembako Melonjak

Mentan menilai kenaikan bahan pangan masih dianggap wajar karena pedagang berusaha menutupi kerugian bulan sebelumnya.

Menteri Pertanian Suswono menilai kenaikan harga kebutuhan pokok yang terjadi pada bulan ini masih sangat tidak wajar. Pasalnya, para pedagang menginginkan menutupi kerugian yang terjadi pada bulan lalu disaat pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. ditetapkan.

"Kenaikan harga kebutuhan pokok memang sangat wajar, pelaku usaha bulan kemarin mengalami kerugian, maka dari itu mereka menaikkan harga di bulan ini guna menutupi kerugian yang terjadi di bulan kemarin," ujar Suswono ditemui pada rapat koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (10/7/2013).

Suswono memperkirakan harga kebutuhan pokok akan mengalami penurunan kembali dua pekan menjelang lebaran. Namun, harga kebutuhan pokok diperkirakan akan kembali naik di saat Hari Raya Lebaran.

"Kami sedang merangkul pelaku usaha, guna mencari jalan tengah agar harga kebutuhan pokok tidak mengalami peningkatan yang terlalu tinggi," ungkapnya.

Meski demikian, Suswono menilai kenaikan harga daging sapi saat ini sudah sangat tidak wajar. Hal ini terjadi kemungkinan akibat banyak peternak sapi yang menaikkan harga jual daging yang akhirnya berimbas pada tingginya harga jual di pasaran.

Suswono mengimbau masyarakat tidak terlalu panik dalam menghadapi kenaikan harga kebutuhan pokok dan daging sapi di pasar yang sudah cukup tinggi.  , masyarakat diminta jangan terlalu panik dalam melihat permasalahan yang terjadi. Ketika panik, banyak permintaan di pasaran yang mengakibatkan terjadinya kenaikan harga.

"Kami pastikan masyarakat jangan panik ketika mengetahui harga kebutuhan pokok dan daging di pasaran mengalami kenaikan. Kami tetap berupaya menjaga stabilitas harga di pasaran, agar harga tidak melambung tinggi," tegas Suswono. (Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.