Sukses

Domba Garut Jadi Hewan Kurban Paling Laris di Idul Adha 2024, Berapa Harganya?

Sejumlah pedagang hewan kurban mengaku penjualan untuk Idul Adha tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Senin 17 Juni 2024, sejumlah penjual hewan kurban sudah bertebaran di semua daerah. Termasuk di wilayah Bandung Raya.

Salah satunya penjual hewan kurban asal Cibiru, Bandung, Adriya Mediandri. Dia mengatakan tahun ini penjualan hewan kurban cukup ramai pembeli dibanding tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah ramai banyak yang beli domba-domba yang gede. Harganya di Rp 2,5 juta - 3 juta per ekornya," kata Adriya kepada Liputan6.com, Minggu (16/6/2024).

Namun, meskipun ramai terdapat tantangan yang dihadapi oleh penjual hewan kurban, sebagian pelanggan ada yang tidak membeli hewan kurban darinya.

Alasannya, untuk memenuhi kebutuhan sekolah anaknya."Pelanggan 2 tahun sebelumnya ada juga yang tidak kurban tahun ini, bertepatan dengan harus bayar sekolah anak," ujarnya.

Domba Garut Paling Laris

Adapun jenis hewan qurban yang paling diminati pelanggan di Bandung adalah jenis domba tanduk Garut dan jenis Domba Crossbreed Dorper.

"Penjualan jenis domba tanduk Garut dan crossbreed dorper sekarang yang banyak diminati," katanya.

Lebih lanjut, Adriya mengatakan pihaknya sejauh ini telah menjual sebanyak 200 ekor domba dan 35 ekor sapi untuk di kurbankan pada hari raya Idul Adha nanti. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Libur Idul Adha tanggal berapa?

Idul Adha tahun 2024 diprediksi jatuh pada tanggal 17 Juni. Penetapan ini dilakukan melalui perhitungan hisab yang dilakukan oleh Muhammadiyah. Selain itu, hasil sidang isbat yang diadakan pemerintah pada tanggal 7 Juni juga menetapkan tanggal tersebut sebagai hari Idul Adha.

Kedua lembaga ini, baik Muhammadiyah maupun pemerintah, menyepakati bahwa 10 Zulhijah pada tahun 2024 bertepatan dengan tanggal 17 Juni.

Dengan jatuhnya Idul Adha pada tanggal 17 Juni 2024, maka hari tersebut dinyatakan sebagai hari libur nasional. Secara langsung, libur Idul Adha berlangsung selama satu hari.

Selain itu, tanggal 18 Juni 2024 ditetapkan sebagai cuti bersama Idul Adha 1445 Hijriah

Namun, karena jatuh pada hari Senin, maka jika dikombinasikan dengan libur akhir pekan, libur tersebut dapat dinikmati selama tiga hari berturut-turut.

Apalagi, bagi yang mengambil cuti pada hari Jumat, maka gabungan liburnya akan semakin panjang. Dengan demikian, libur Idul Adha 2024 akan terasa lebih lama dan menjanjikan sebuah long weekend yang menyenangkan bagi banyak orang.

Libur panjang ini tentu menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang, baik untuk berkumpul dengan keluarga tercinta, merayakan hari besar dengan khidmat, maupun untuk bersantai dan menikmati waktu luang dengan aktivitas yang menyenangkan. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan kegiatan selama libur Idul Adha dengan baik agar dapat maksimal menikmati momen berharga ini.

3 dari 3 halaman

Hari apakah Idul Adha?

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada 8 Juni 2024. Dengan begitu, maka Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1445 H jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Keputusan itu disampaikan langsung Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Saiful Rahmat Dasuki usai mengikuti sidang isbat yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2024).

"Sidang isbat telah disepakati bahwa 1 Zulhijah 1445 Hijriah ditetapkan jatuh pada hari Sabtu tanggal 8 Juni 2024. Dan Insya Allah Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Senin tanggal 17 Juni 2024," ujar Wamenag RI Saiful Rahmat Dasuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini