Sukses

Daftar Kilang Minyak dan Depo Pertamina yang Pernah Kebakaran

Berikut sejumlah kejadian kebakaran yang terjadi di kilang milik Pertamina pada 2018-2024, terbaru di kilang Pertamina Balikpapan.

Liputan6.com, Jakarta - Kilang Pertamina Indonesia (KPI) unit Balikpapan, di Jalan Yos Sudarso, Balikpapan Barat pada Sabtu dini hari, 25 Mei 2024. Kebakaran kilang tersebut menambah daftar kebakaran yang terjadi di kilang pertamina dan depo Pertamina.

Mengutip Antara, Sabtu (25/5/2024), kejadian kebakaran yang terjadi di wilayah operasional PT Kilang Pertamina Internasional unit Balikpapan terjadi pada Sabtu, 25 Mei 2024 pukul 05.06 WITA. Kebakaran itu sudah dipadamkan pada pukul 07.30 WITA.

"Alhamdulillah tim pemadam telah berhasil menguasai kondisi, dan saat ini tengah dilakukan upaya pendinginan," tutur General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan Bayu Arafat dalam keterangan tertulis,

Bayu menuturkan, pihaknya didukung oleh tujuh unit mobil pemadam milik PT KPI RU V, dan satu unit mobil pemadam dari Pertamina Grup di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) untuk mengatasi kejadian itu secara efektif.

Selain itu, pemadam statis (fire ground) yang berada di sekitar lokasi turut diaktifkan untuk membantu pemadaman dan melokalisir sumber panas, serta saat ini tim terus memastikan tidak ada sumber panas di area kejadian.

Ia menuturkan, lokasi kebakaran masih berada di area kilang, sehingga hal ini tidak berdampak langsung kepada masyarakat, meski demikian pihaknya tetap melakukan pengawasan agar kejadian tersebut tak memberikan dampak buruk yang berkelanjutan.

"Selain itu, monitoring produksi BBM juga kami lakukan untuk memastikan supply ke masyarakat tidak terganggu," ujar dia.

Berikut sejumlah kejadian kebakaran yang terjadi di depo dan kilang minyak Pertamina pada 2018-2024:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1.Kilang Pertamina Unit Balikpapan Terbakar

Mengutip Antara, sekitar delapan unit armada pemadam kebakaran dikerahkan tim pemadam kebakaran (fire bridage) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) unit Balikpapan untuk meredam api yang membakar di Crude Distillation Unit (CDU) VI pada Sabtu, 25 Mei 2024.

Unit Distilasi Minyak Mentah (CDU) adalah proses awal dari fraksinasi  minyak mentah . Proses tersebut  kompleks karena banyak terjadi fluktuasi laju minyak mentah yang merupakan umpan dari unit tersebut.

"Awal kejadian itu sekira pukul 04.25 Wita. Tim pemadam sigap mengatasi kejadian sesuai prosedur penanggulangan keadaan darurat (PPKD) yang berlaku di Perusahaan," ujar General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan Bayu Arafat.

Pemadam statis (fire ground) yang ada dilokasi kejadian, lanjut Bayu, turut diaktifkan untuk membantu pemadaman dan melokalisir sumber panas. "Alhamdulillah, tim pemadam telah berhasil menguasai kondisi dan saat ini tengah dilakukan upaya pendinginan," ujar Bayu.

Kejadian 2022

Kejadian kebakaran di Balikpapan ini bukan pertama kali. Kebakaran juga pernah terjadai di kilang minyak Pertamina di area Refinery Unit (RU) V Pertamina, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat siang, 4 Maret 2022.

Kobaran api terlihat membara di dalam kilang minyak Pertamina pada sekitar pukul 10.30 WITA.

Insiden ini lantas dibagikan lewat unggahan video di akun Twitter Txt dari Balikpapan (@txtbpn) pada pukul 10.26 WIB.

Kebakaran tersebut mampu ditangani dengan cepat. PT Pertamina (Persero) memastikan bahwa si jago merah kini telah berhasil dijinakan. Hal itu dikonfirmasi Area Manager Communication, Relation dan CSR PT Pertamina RU V Balikapan, Ely Chandra Perangin-Angin.

"Posisi alhamdulillaah api sudah padam," ujar Ely, Jumat, 4 Maret 2022.

Kebakaran Kapal di Balikpapan

Selain terjadi di kawasan kilang Pertamina, kebakaran juga pernah terjadi di perairan. Sebabnya diduga karena adanya tumpahan minyak yang terjadi di Teluk Balikpapan. Kebakaran ini langsung sitangani oleh Pertamina RU V. Diketahui, kebakaran ini terjadi pada akhir Maret 2018.

3 dari 4 halaman

2.Kilang Pertamina Dumai

Ledakan di area Kilang Pertamina Dumai, Riau pada Sabtu, 1 April 2024 malam sekitar pukul 22.30 WIB. Peristiwa Kilang Pertamina Dumai pada fasilitas pengolahan minyak ini juga diiringi dengan kebakaran.

Ternyata kebakaran di area kilang minyak Pertama ini bukan yang pertama. Kilang minyak Dumai, Riau di Jalan Putri Tujuh, Dumai Timur alami kebakaran hebat.

Kebakaran terjadi pada 16 Februari sekitar pukul 21.45 WIB. Kebakaran itu diduga akibat pipa bocor. Kebocoran itu disinyalir menyebabkan bunyi ledakan dan semburan api di heater 211 kilang minyak.

3.Kilang Cilacap

Tangki kilang Pertamina di Cilacap terbakar pada Sabtu 13 November 2021 pukul 19.10 WIB. Kebakaran tangki kilang Pertamina terbakar yang berisi Pertalite tersebut berhasil diatasi sekitar pukul 23.05 WIB melalui penanganan intensif dan defensif.

General Manager Kilang Cilacap Eko Sunarno mengatakan, insiden kebakaran menimpa tangki 36 T-102. "Tangki ini berisi komponen produk Pertalite sebanyak 31 ribu kiloliter," kata Eko, pada Minggu, 14 November 2011.

Eko bercerita, saat kebakaran, Pertamina langsung mengalihkan tangki komponen produk Pertalite yang tidak terbakar di tangki 36 T-101 ke Terminal BBM Lomanis.

Dalam upaya memadamkan api, perseroan menggunakan foam monitor dengan kapasitas penuh, water sprinkel, dan truk pemadam agar api tak menyebar ke tangki-tangki lain.

Sebelumnya, Kilang Pertamina Cilacap juga pernah mengalami kebakaran. Yakni pada 6 Juni 2021. Pada saat itu, kebakaran terjadi pada tangki 9 yang berada sedikit terpisah dengan kompleks kilang lainnya.

4 dari 4 halaman

4.Kilang Pertamina Balongan

Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin 29 Maret 2021 dini hari. Kilang minyak milik Pertamina tersebut diketahui terbakar sekitar pukul 00.45 WIB.

Dari insiden itu, Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Ahmad Dofiri menyebutkan korban terdampak sebanyak 23 orang. Dari jumlah tersebut, enam orang terkena luka bakar cukup parah dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

"Jalan di kawasan Pertamina Balongan diblokade sampai situasi aman tidak boleh lewat dulu," ujar Ahmad.

Selain korban jiwa, diketahui puluhan rumah warga rusak atau retak. Warga diungsikan di tiga tempat yakni Pendopo Bupati Indramayu, Islamic Center Indramayu dan Bumi Patra Indramayu.

5.Depo Pertamina Plumpang

Kebakaran yang melanda Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Sabtu dini hari dilaporkan mulai padam. Petugas pemadam kebakaran (Damkar) bersama PT Pertamina kini tengah melakukan proses pendinginan.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan bahwa penanganan kejadian tersebut bekerjasama dengan pihak terkait.

Nicke turut mengucapkan keprihatinannya dan permohonan maaf atas kejadian ini. "Pertamina akan memberikan penanganan yang terbaik bagi masyarakat terdampak," jelas Nicke, Sabtu, 4 Maret 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini